Coban Talun

Hallo...

Hari ini mau cerita pengalaman ke Coban Talun. Sudah ada yang pernah kesini belum??? Yang belum buruan deh kesini deh karena dijamin seru dan banyak spot foto yang menarik.


Saya kesini seperti biasa bersama suami tercinta hehehe..Saat weekend tiba, di saat itulah saya memanfaatkan waktu untuk refreshing biar tak bosan depan laptop melulu. Dan tujuan weekend kali ini gak ada niat ke Coban Talun. Pagi hari masih biasa aja rutinitas nyapu, cuci piring, ngerawat bunga dan lain lain. Baru pas siangan jam 10 mutusin buat jalan-jalan.

Perjalanan ke Talun dari rumah saya sekitar satu jam. Coban Talun ini lokasinya di Dusun Wonorejo-Bumiaji-Kota Batu. Nyampe sana sudah siang banget tapi alhamdulillah deh karena cuacanya mendung galaw gitu. Jadi gak terasa menyengat panasnya.

Setiba di sana baru tahu kalau mereka mengelompokkan wisata jadi beberapa area gitu. Karena bingung mau yang mana dulu yawes kita pilih yang ribet dulu, ke air terjunnya aja dulu. Kayaknya gak afdol banget udah jauh-jauh kesini tapi gak ke air terjunnya. Masuk ke wisata ini bayarnya Rp 10.000 ya. Kita ngelewatin jalan setapak yang gak sempit-sempit amat sih. Ngelewatin jembatan dan hutan pinus juga. Trus ada juga taman ayunan sebelum mencapai air terjun.



Jalan menuju ke air terjunnya sih cenderung banyak turunan dan gak gitu licin meski habis ujan. FYI, lokasi air terjunnya di bawah jadi kita wajib turun dan turun teruuuus. Tapi kebayang ntar pulangnya nih naik mlulu pasti jalannya huft semoga aja kuat hehehe...Di jalan ketemu sama banyak monyet tapi mereka gak ganggu kok. Setelah jalan 1,5 kiloan kalo gak salah akhirnya nyampe juga.



Capeknya terbayar deh sama indahnya air terjun. Seger banget hawanya. Yang tadinya keringetan krena jalan langsung ilang deh soalnya air terjunyya deres dan adem banget hawanya. Yawes langsung aja selfie disitu sepuasnya. Sempet gerimis juga di situ tapi gak lama.


Pas balik huft bener-bener perjuangan deh, naiknya gak kira-kira hihihihi. Saya sempet ngerasa ngos-ngosan capek tapi masih lanjut. Berhenti juga di beberapa titik karena ngerasa kaki udah gempor hihihi. Untung suami saya pengertian banget. Ngerti istrinya capek ya dia santai aja jalannya, nemenin duduk, asyik motoin bunga dll hihihi.

Tapi ini sih belum seberapa ya kalau dibandingin sama Coban Glotak. Di Glotak tuh jalan setapaknya bener-bener setapak aja dan langsung batasannya jurang. Nyelip dikit, bye-bye dunia deh. Udah gitu medannya juga berat harus nyebrang kali deres atau harus naik dengan jalan super licin. Kalau di Talun ini tantangannya cuma naikan dan turunan yang tajam aja. Jalannya terbilang aman dan lebar.

Nyampe atas rasanya kayak mukjijat wakakakak lebay deh...asli tadinya kayak enggak sanggup mo ke atas. Eh iya ada pangkalan ojek loh di tengah jalan. Jadi khusus buat kamu-kamu yang udah GIVE UP mau naik, ada layanan ojek. Jadi disitu ada nomor telepon yang bisa dihubungi. Kamu tinggal telepon ojeknya dan bapak ojek akan datang menjemput dan membonceng kamu sampai ke atas. Kenapa saya gak pake ojek? Duh meski gak kuat, kayaknya jiwa pelit emak-emak saya lebih kuat deh daripada kaki saya. Jadi meski pegel tetep aja keukeuh gak mau naik ojek hihihihihi



Kita langsung ke taman ayunan, bayar lagi Rp 5.000. Mainan deh ayunan sepuasnya sambil memulihkan kaki yang gempor. Untung bawa bekal minuman mineral, langsung abis deh. Ayunannya ada banyak jadi jangan khawatir tak kebagian. Kamu bisa foto di spot ayunan mana aja semuanya keren.



Trus selain ayunan ada juga tempat selfi bentuk sayap-sayapan. Keren karena latar belakangnya emang cantik banget. Saya gak berani karena kayu yang bawah itu kayak gerak-gerak gak jelas pas dinaikin. Jadi daripada wasalam ya saya skip lah...biar suami aja yang selfi di situ hehehe...
Ini deretan warungnya. Kamu bisa pilih makanan apa aja udah tertera harganya kok.

Habis dari taman ayunan kita kelaparan. Karena emang gak ada niat mau main makanya saya gak mempersiapkan bekal. Padahal kita mah kemana-mana pasti bawa bekal sendiri ketimbang beli (tuh kan jiwa pelitnya keluar hihihi) enggak kok, cuma kan lebih higienis aja gitu meski sedikit ribet. Karena gak bawa bekal yawes kita makan di salah satu warungnya. Nyobain ayam geprek dan suami yang tadinya mau soto juga ikutan latah nyobain ayam geprek. Ternyata waw banget pedesnya. Duh nampol ampe nangis deh. Yang tadinya capek habis jalan dan ngantuk karena hawanya mendung galaw langsung mata terbuka lebar. Seporsinya Rp 10.000 aja kok.

Kenyang dan sudah kembali terisi tenaganya kita lanjut lagi ke spot berikutnya. Kita bingung karena ada banyak banget. Akhirnya mutusin ke Pagupon Camp. Indah banget tempatnya, ada banyak spot foto selfie yang cantik dan unik. Puas-puasin selfinya di sini deh. Masuk kesini bayar lagi Rp 10.000. Bayar melulu ya...



Habis gitu kita jalan-jalan lagi lihat Flower Garden tapi kita gak masuk karena disuruh bayar lagi Rp 10.000. Selain itu juga karena mendung udah gelap pake banget. Lainnya lagi gempor kaki abis dari air terjun masih kerasa. Ada juga Apache Camp tapi itu kayaknya hanya untuk mereka yang mau outbound dan nginep disitu.


Tempat lain yang saya skip adalah Oyot, ini juga wajib bayar Rp 5.000 untuk masuknya. Spot fotonya banyak sih tapi lain kali aja lah. Ini juga karena udah mendung banget dan gerimis udah mulai turun. Kita juga skip goa jepang karena menuju kesana harus jalan 800 meter sementara kaki udah ogah diajak jalan. hehehe...

Jadi kesimpulannya ke Coban Talun puas banget lah...Bisa seger liat pemandangan, main air, selfi cantik dll. Minusnya sih, ogah banget dikit-dikit bayar lagi, mbok ya wes dari depan aja sekalian bayar ful kan enak tinggal masuk aja. Persiapkan kaki yang kuat kalo mau menjelajah ke semua tempat. Psst... sebenernya sih siapa aja juga kuat kok, saya-nya aja yang lebay, kurang gerak, terlalu gemuk dll dll dll hihihi... Pakailah alas kaki yang nyaman biar jalan juga enak. Saya pakai sepatu karet tapi bawa sendal jepit juga. Buat yang berhijab, pakai jilbab warna cerah bisar di foto hasilnya keren hihihi lebih jreng aja warnanya.

Sekian perjalanan kali ini, ntar kalau ke Coban Talun lagi pasti saya ulas deh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar