"Semua Akan Indah pada Waktunya"

Halo...

Seperti judulnya saya mau memuntahkan segala uneg-uneg yang ada di kepala saya tentang yang berkaitan sama “Semua akan Indah pada Waktunya”. Pasti pernah dengar dong akan ungkapan ini.



Berdasarkan Quote di atas, intinya kalo belum waktunya ya gak bakal kejadian. Kalo udah waktunya dan udah rezeki kita, mau dihalangin bagaimanapun caranya pasti tetep kejadian juga. Ini berlaku untuk semua hal ya. Mulai dari rezeki, pekerjaan, jodoh, lulus kuliah ampe masalah anak.


Nah suka sebel gak sih kalau ada yang nyeletuk perihal hidup kita? Contoh celetukan yang bikin sebel: Kapan lulus dan wisuda? Skripsi belum kelar juga, mau ampe kapan kuliah? Umur berapa kok belum nikah? Ngejar karir terus nikahnya kapan? Udah lulus kok belum dapet kerja juga? Daripada nganggur aja mendingan cepetan kerja deh, Nikah berapa tahun kok belum hamil?, enak loh punya anak kenapa ditunda?, Inget umur ya udah makin tua ntar makin susah punya anak, dst dst dst.

Mau dalihnya sekedar nanya atau kepo dan gak ada maksud nyakitin hati, ketahuilah guys and girls, hal itu menyakitkan bagi kami. Dikit banyak pasti ngerasa kesindir. Secuek-cueknya orang, kadang kalo mood lagi jelek pasti ngerasa tersakiti juga. Memang kadang ada yang nanya sekedar formalitas karena gak ada bahan yang ditanyain tapi bisa gak sih nanyanya gak bernada menghakimi?

Bukan saya melarang Anda-anda sekalian buat melontarkan pertanyaan formalitas tersebut sih. Toh saya juga tau banyak orang menanyakan hal hal diatas karena tak ingin dianggap cuek dan jutek. Mereka menanyakan dengan maksud baik sekedar ingin tahu dan setelah keingintahuan mereka terjawab mereka juga gak akan mikir jelek tentang kita.

Namun terkadang segelintir orang suka menanyakan hal-hal yang sudah jelas ia tahu dan diimbuhi celetukan yang bikin kita yang ditanya jadi terpojok. Contoh nih, ketika ada seorang wanita yang memutuskan mengejar karir ketimbang menikah. Sebagian orang mungkin menilainya keren dan memuji prestasinya. Tapi ada pula yang mencibir dan bertanya sekaligus nyeletuk: “udah umur berapa? Kok belum nikah juga? gak takut jadi perawan tua?”.

Si wanita yang lebih mementingkan karir tentunya juga tak ingin dijudge sembarangan memutuskan. Siapa sih yang ingin jadi perawan tua? Setiap orang punya jalan nasibnya sendiri. Kita tak tahu apa yang sedang dialami seseorang tersebut dan bagaimana usahanya demi mencapai kesuksesan itu. Ia pun juga tak ingin menikah di usia lanjut namun jika takdirnya demikian lalu bagaimana lagi? Mungkin ia trauma dengan laki-laki atau pernah dikecewakan hingga belum siap menjalin hubungan baru. Daripada menjudge dengan celetukan sok tahu, mending usai bertanya langusng doakan supaya ia cepat dapat jodoh ato minimal ngenalin dia sama orang sapa tau jodoh.



Hidup itu pilihan. Tiap orang punya pilihan. Please jangan samakan pilihanmu dengan pilihan orang lain. Ia memilih karir ketimbang menikah juga pasti sudah mempertimbangkannya masak-masak. Ada hal-hal yang tak perlu dikatakan dan diumbar pada orang lain. Setiap orang memiliki masalah berbeda untuk itu mereka dihadapkan pada pilihan yang berbeda dan mereka mengambil pilihan mereka sendiri. So, stop menjudge orang hanya karena ia tak memilih jalur yang sama dengan jalur kita. Lagipula semua itu kembali pada Allah. Allah yang menentukan kapan saat terindah bagi tiap insanNya.

Contoh lain adalah ketika seorang mahasiswa sedang berusaha keras menyelesaikan skripsinya. Kita tak tahu seberapa gigih ia ngejar-ngejar dosen, begadang semalaman didepan komputer, menghabiskan lembaran rupiah demi print dan fotocopy, sampai berburu referensi di perpustakaan atau di lapak buku. Jadi jangan dengan gampangnya bilang, “Belum selesai juga skripsinya? Keburu tua loh, semua temanmu sudah pada lulus kok kamu belum? mau sampai kapan jadi mahasiswa?”. Baiknya jika kita sudah mendapat jawaban bahwa ia belum lulus skripsi, buruan dibantuin deh nyari referensi ato ngebujukin dosennya gitu daripada mencibir yang gak bermakna.



Yang sudah lulus pun pasti pernah dapat pertanyaan nyinyir,”kok belum kerja? Jangan nganggur aja drumah, malu sama ortu. Si A udah kerja di perusahaan, Si B udah jadi pebisnis, la kamu kok belum”. Kita kan gak tahu apa aja usahanya dia. Mungkin dia sudah melamar tapi belum beruntung. Mending jika sudah bertanya berikan alternatif yang bisa memecahkan masalahnya, tawarin kerja kek, anjurin lowongan kek ato apa gitu yang bisa menghibur hati.

Kalau pengalaman saya pribadi sih masalah anak. Iya. saya udah nikah 3 tahun dan belum punya anak. Dulu waktu nikah baru setahun pertanyaan “kok belum punya anak?” cuma saya jawab dengan senyuman dan sedikitpun gak berasa nyesek di hati. Biasa aja.

Tahun kedua, udah tahu belum ada yang digendong masih nanya juga, “kok bisa sih belum hamil, kan udah 2 tahun?”. Hati udah mulai ngedumel, dikira gampang punya anak? dikira saya gak usaha mati-matian? dikria saya gak pengen punya anak?. Meski begitu saya masih bisa jawab enak sambil senyum, “Belum rezeki, saya masih pesen yang kualitas super mangkanya lama. mungkin masih OTW”.

Tahun ketiga pertanyaan kembali menyerang dan malah ada yang nyelekit banget. “udah umur berapa, kok belum usaha hamil juga?ntar keburu tua makin susah punya anak” (dalam batin: 3 tahun ini usaha saya gak brenti kok). Malah ketika tanpa sengaja ada yang tahu gaji saya dolar ada yang pernah nyeletuk, “udah mbak cepet bikin anak aja. uang banyak percuma kalo gak punya anak” (lah dikira saya minta banyak duit tapi gak punya anak apa?).

Bahkan yang bikin saya kecewa ada saudara sepuh yang baru punya cucu bilang ke saya, “enak lhoh due anak iku, jangan dikira susah, seneng kok due anak itu wes talah percayao” (lah yang bilang punya anak nyusain itu sapa?yang gak pengen punya anak itu sapa?). Malah ada yang tega banget bilang, “hati-hati ya umur pernikahan udah segini kalo belum punya anak juga laki2 bisa nyeleweng” (Astaghfirullohaladzim...bisa-bisanya bilang seperti itu).

Mereka gak tahu apa yang sudah saya alami 3 tahun ini. Mereka gak ngalamin apa yang saya alamin. Saat ditanya saya hanya bisa berkelit dan tersenyum pahit. Tapi Anda-anda kan gak tahu usaha saya apa aja. Segala obat dan jamu udah saya telan, biaya jutaan juga udah saya keluarkan, periksa ke banyak dokter nebus resep ini itu terapi ini itu juga sudah saya jalankan. Pijat sampai beragam alternatif juga udah saya lakukan. Saya gak diam! saya juga berdoa dan berdoa. Dokter2 tersebut bilang saya normal kok, gak ada masalah. Lhah kalo semua udah saya lakukan dan belum ada hasilnya apakah salah saya? Siapa tahu saya ditakdirkan punya anak ntar usia sekian.

Jujur saya capek dan lelah ditanya kapan punya anak? Dikira punya anak bisa sesuai rencana, dikira sama kayak pesen barang online sekarang transfer besok nyampe. Mending kalau tahu usia pernikahan saya udah sekian tapi belum bawa anak, yawes diem aja jangan tanya atauuuuuuuu rekomendasikan cara apa kek gitu yang bisa bikin usaha saya punya anak bisa cepet kesampaian.

Dari semuaaaaaa yang udah saya omongin di atas saya mau mengingatkan saja, “Semua akan indah pada waktunya”. Mengapa? Karena semua sudah diatur sama Allah. Allah itu sebaik-baiknya pengatur. Allah tahu kapan waktu terbaik untuk makhluk-makhluknya. Allah hanya mempersembahkan yang terbaik untuk hambaNya. Ingat lagi bahwa jodoh, pekerjaan, anak, hingga maut semua sudah diatur sama Allah. Kalau Allah belum menetapkan waktunya, mau usaha kita segede apa juga gak akan berhasil. Jika Allah sudah ridho dan waktunya sudah ditentukan, meski tanpa usaha maksimal juga pasti sukses.



Bagi yang belum-belum. Belum lulus, belum nikah, belum kerja ato belum punya anak, jangan kecil hati ya. Tetap berusaha tegar dan anggap angin lalu omongan gak enak yang mampir di kuping. Tetap ingat bahwa semua akan indah pada waktunya. Special Thanks untuk sepupu seperjuangan yang juga belum punya momongan: Makasih sudah selalu menguatkan saat aku down, sebel, nangis dll karena masalah ini, semoga kita cepat dapat momongan yang terbaik, yang sholeh dan sholihah.



Bagi yang punya kebiasaan nyinyir, inget habis ini lebaran, jika ada yang bertamu, boleh aja mengeluarkan pertanyaan retoris untuk basa basi tapi mbok yaaaa setelah itu gak usah disambung dengan cibiran atau celetukan yang memojokkan ya. Mending doakan saja, doa Anda-anda akan jauh lebih berarti, siapa tahu langsung diijabah sama Allah. Dan ingat ya, semua akan indah pada waktunya karena Allah yang menentukan kapan waktu terbaik untuk hamba-hambaNya.




Sekian, mohon maaf atas salah kata dan terima kasih sudah berkunjung.

2 komentar:

  1. Kapan nikah? Gausah kakean milih. Emang mau jadi perawan tua?๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
    Kuliah neh? Gak mending nyari suami sek kaya ta? ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
    -
    Rasanya sakit banget, apalagi yang digituin sodara sendiri, lebih tua lagi. Belum lagi dibully temen. Yang niatnya mereka sih "becanda" -katanya-, tapi gak punya perasaan banget becandain hal gituan.
    Untungnya ortu nggak ikut-ikutan, meskipun mereka pasti mikir banget ngettt tapi tetep dampingi aku buat terus usaha.
    Semangat ya mbak ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช , usaha tak akan menghianati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan khawatir, jodoh udah diatur n gak kmana kok.tp emang sebell bgt klo dgr ada yg nyinyir gt. Sapa tau ntr jodohmu orang Korea (amiiiiinnnn, yg ngaminin orang semushola). Bener namanya ortu pasti kpikiran.ortuku jg kpikiran tp mrk tau aku sdh usaha yasudah yg pntg berdoa.untungnya mertuaku baik gak nuntut harus gmn2 krn mereka jg ngerti usahaku n suami kayak apa.

      Kadang org luar yg g tau enak aja ceplos ini itu tnpa mikir perasaan. Ada bebrapa tmanku yg blm nikah tp mrk enjoy aja tuh meski mungkin klo dtanya nyesek juga. Intinya hrus jga prasaan sih klo mrka gak bisa yah at least kita bisa ngerem mulut kita sendiri ato ngbantu teman yg terbully. Aku prnah kyk gt ada tmnku dbully krn blm nikah ya lgsg tak srampang yg bully tak blg: lhoh lupa ta sampean klo jodoh ditangan Allah? Orgnya lgsg mingkem.wkwkwkwk.

      Semangat nun buat kitaaa semoga dpt yg terbaik yaaaa ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

      Hapus