#NinantaCorner: Tips Blogging Ala Ananta

Haloo...

Seperti biasa tiap Rabu #NinantaCorner nongol lagi dengan harapan kalian udah nungguin postingan berikut ini hehehe...Kali ini kami mau bahas topik sesuai dengan request dari "Ainun Nadifah" yang minggu kemarin udah ditulis di kolom komen. Topiknya yaitu tentang tips nulis blog dan gimana supaya rajin nulis blog dengan tulisan yang berfaedah....fiuhhh panjang ya..


Jujur aja ini topik berat buat saya. Soalnya saya sendiri juga jarang nulis blog akibat sebarek kesibukan (alesan aja nih). Bulan ini tulisan cuma penuh sama NinantaCorner aja dan belom sempet ngeditin draft numpuk punya sendiri 😢😢😢 Jadi dengan hadirnya tulisan ini saya harap saya bukan hanya nyemangatin kamu-kamu yang ingin rajin nulis. Saya harap saya juga termotivasi dengan tulisan saya sendiri hehehe...

Check tulisan mbak Nina Tips Blogging untuk Pemula ala Emak ya.

Menulis blog buat saya adalah sebagai pengganti nulis diary. Dulu jaman sekolah saya rajin nulis diary tiap mau tidur. Dihias pake spidol warna warni, foto dan gambar lucu. Kebiasaan ini ngilang saat sudah kuliah karena padet jadwal dan udah gak ada mood. Apalagi waktu udah mulai kerja freelance nulis yang dibayar, duh nulis diary serasa udah males karena gak ada yang bayar hihihihi..

Sampai kemudian ketika saya ngajar di sebuah sekolah menengah atas ada pelatihan untuk para guru. Waktu itu pelatihannya adalah agar para guru diwajibkan memiliki satu blog yang isinya tentang mata pelajaran yang diampu. Nah baru saat itu saya semangat (terutama semangat gonta ganti tema blog hihihi). Saya sempat aktif nulis di blog ini ngisi dengan soal soal latihan dan beragam penjelasan. Habis gitu entah kemana ni blog, namanya apa dan alamatnya apa saya udah lupa hihihi...

Habis nikah saya masih saja freelance nulis. Sering tergelitik untuk nulis tentang keseharian saya tapi kembali mau ngawalin males. Mau bikin blog yang berbayar duh nanti dulu deh kalau saya udah rajin banget nulisnya hihihi...sementara masih sebagai pencurah uneg uneg dan berbagi tips mulai saja dengan yang gratis hehehe.. Yawes akhirnya mulailah saya ngeblog. Karena masih terpengaruh sama freelance saya yang waktu itu nulisnya pake bahasa inggris yawes saya bikin blog dengan bahasa inggris di Wordpress. Dan ini masih ada sampai sekarang meski tulisannya cuma beberapa gelintir hihihi. Cek aja blog wordpress saya disini.

Setelahnya lihat blog suami di Blogspot kok banyak kali viewernya yawes latah ikutan bikin blogspot. Tapi karena sibuk sama nulis di IBTimes yawes lagi lagi blognya kosong gak rajin ditulisin. Sampai kemudian nemu blognya mbak Nina (blog lama) dan bikin saya semangat mo ikutan nulis. Ditambah lagi waktu itu Ainun nanya ke saya "mbak sampean ada blog?" jeng jeng jeng.....Dari situ saya jadi semangat ngeblog lagi meski tentunya masih kalah semangat sama menulis yang dibayar hihihihi...Oh ya kamu bisa loh cek tulisan saya tentang kerjaan saya sekarang.

Sekarang yuk bahas permintaannya Ainun. Ada 3 poin penting disini yang mau saya bahas. Pertama tentang tips nulis blog. Kedua tentang Rajin nulis blog. Dan terakhir tentang tulisan berfaedah.

#Tips Nulis Blog ala Ananta:

  • Wajib Punya Blog
Jelas banget kamu wajib punya blog kalau ingin nulis blog hihihi. Untuk awalan kamu bisa pilih blog gratisan kayak saya. Kamu boleh pilih mau nulis di Wordpress atau Blogspot. Atau blog blog gratisan lain yang kini tengah menjamur. Namun saran saya yang paling gampang sih Blogspot karena gak terlalu rumit fitur dllnya. Kalau mau yang keren bisa pakai Wordpress. Nah yuk segera klik link Blogspot atau Wordpress buat mulai nulis.

Kalau udah ngerti banget masalah blogging ya alangkah baiknya kalau nyontoh mbak Nina. Blognya berbayar yang artinya nama blognya sudah ganti pakai domain kamu sendiri. Untuk saya yang masih males ngeblog, nanti dulu deh blog berbayarnya hihihihi..
  • Kenali fitur pada Blog
Ini penting  banget untuk kamu tahu. Pertama punya blog utak atik aja jangan takut. Lihat fungsi masing masing fiturnya. Kalau bingung bisa browsing tentang kegunaan aneka fitur di si "Mbah" ya. Dengan mengenal aneka ragam fungsi fiturnya kamu jadi lebih mudah saat nulis blog.
  • Banyak browsing blog tetangga
Rajinlah browsing blog orang lain. Bukan buat nyontek atau njiplak tulisannya loh ya. Tapi buat cari inspirasi blog kamu mau kamu isi apa. Apakah mau tentang info kesehatan aja, atau mau tentang tips tips, atau mau tentang aneka tempat unik. Misalnya punya mbak Nina nih isinya tentang kehidupan emak dengan dua anak. Atau punya saya yang isinya cerita pengalaman dan berbagi tips berkebun dan masak dan tentang diri pribadi.
  • Bikin gaya tulisan ala kamu sendiri
Yang ini biar blog kamu makin unik. Kamu perlu cari gaya tulisan ala kamu. Mau pakai elo-gue, saya-kamu, atau apa aja. Tentukan kamu mau nulis pakai gambar inspiratif atau gambar quote atau tanpa gambar sama sekali. Trus gaya penempatan tulisan kamu seperti apa. 

Misalnya saya nih, saya lebih suka di awal nyapa dulu dan bahas sedikit topiknya, lanjut dengan ngasih pengalaman pribadi (kalau ada) dan sedikit info tentang topik yang dibahas. Terus selanjutnya saya kasih sub headline dan penjelasannya (biasanya saya kasih warna lain atau di bold aja).

#Tips Rajin Nulis Blog ala Ananta:

  • Niat dan Komitmen
Kalau mau blognya penuh ya harus niat dulu digedein. Tapi niat doang gak ada action juga percuma ya. Harus komitmen sama diri sendiri kalau emang mau rajin nulis blog. Ini klise sebenarnya karena iya iya rajin tapi begitu dihadapin pada kenyataan ya....gitu deh.. But honestly emang harus niat dan komitmen dulu deh.
  • Bikin Draft
Ini saya lakuin ampe sekarang. Jadi ketika lagi mood nulis langsung aja ditulis dan buka blognya. Mood nulis itu keluar gak kira-kira, kadang pas di jalan trus terinspirasi pengen nulis, kadang lagi enak kerja trus kepingin nulis. Ya jangan ditahan dan jangan entaran aja, langsung ambil hape atau buka lepi dan tulis apa yang ada. Simpan dulu di draft kalau kondisi gak memungkinkan kita untuk langsung posting. Dengan nyimpan draft begini harapannya adalah kalau ada waktu luang bisa edit draft, tambah gambar dll baru posting.
  • Bikin Deadline
Biar gak males, kamu perlu komitmen untuk bikin deadline buat kamu sendiri. Misalnya tiap Minggu wajib nulis meski isinya cuma menyapa atau sekedar cerita cucian yang lagi numpuk segunung terus nemu duit 50 rebu nyelip di kantong celana. Kamu bisa kasih alarm di hape (pakai mode repeat berkali-kali ampe kamu terganggu dan akhirnya gak males nulis).
  • Bikin CB
Ini ide cemerlang ala mbak Nina dan saya bersyukur banget diajakin CBan. Dengan bikin CB saya mau nggak mau harus nulis. Mau nggak mau harus bahas topik. Dan ternyata saya lebih semangat nulis dengan adanya CB ini loh...Ngerasa ada temannya dan ngerasa dia bisa masa aku enggak. CB ini semacam deadline yang menyenangkan buat saya, serasa ada jadwal khusus menyapa para pembaca (berapa gelintir sih yang baca?) hehehe... Jadi coba deh bikin CB, atau mau bareng saya? ayuk deh biar saya makin semangat hehehe...
  • Buat Tampilan Blog Lebih Menarik
Buat saya pribadi tampilan blog itu penting. Makanya jangan heran kalau saya bentar-bentar ganti tampilan blog. Untuk saya pribadi kalau tampilan fresh dan baru saya jadi semngat buat nulis lagi hihihi...

#Tips Tulisan Berfaedah

Ini berat ya, karena yang bisa nilai tulisan kita berfaedah atau enggak ya orang lain. Bisa jadi tulisan ini menurut saya berfaedah tapi menurut orang yang udah tahu banget mengenai dunia perbloggingan tulisan ini mah ecek ecek aja. Tapi sesuai request yawes menurut saya inilah cara supaya tulisannya berfaedah:

  • Browsing topik yang menarik
Cari topik yang lagi booming tapi jangan gosip artis ya eh boleh kok gosip artis tapi yang menginspirasi. Misalnya ngomongin Leonardo Di Caprio yang seneng banget berkontribusi untuk alam sekitarnya. Bisa juga ngomongin teknologi terkini kalau kamu pecinta teknologi. 
  • Tulis tips-tips ala kamu
Biar makin memberi manfaat, kamu bisa tulis beragam tips-tips. Tentunya ini ala kamu ya tipsnya. Karena ala kamu jadi harus sebatas pengetahuan dan pengalaman kamu aja (ini kalau mau yang unik). Misalnya kamu pernah ke Bromo kasih deh tips kalau mau ke Bromo apa aja yang harus disiapin. Atau kalau kamu pernah bermasalah sama kesehatan atau kecantikan bisa juga kamu tulis tipsnya. Pokoknya yang ada langkah-langkah ala kamu deh.

Bisa juga tulis info menarik yang kamu tahu. Apa saja yang seputar hobi kamu atau info yang lagi booming. Misalnya info tempat menarik, info tiket kereta gratis dll.
  • Tulis pengalaman yang kiranya bisa menginspirasi
Punya pengalaman menarik bisa juga ditulis di blog. Siapa tahu tulisan kamu bisa menginspirasi orang lain. Kamu bisa cerita pengalaman hidup kamu yang kamu rasa menarik. Misalnya cerita pernah nolongin turis kesasar terus kamu dapat 'tip' lumayan gara-gara nolongin dll.
  • Selipkan nasehat atau quote
Last but not the least, kamu bisa juga selipkan quote nasehat di tulisan kamu. Tentunya quotenya yang berhubungan dengan tulisan kamu ya.

Alhamdulillah akhirnya selesai juga nulisnya. Ini mepet banget padahal hihihi...Jujur tadinya saya blank mo nulis darimana, tapi ternyata kalau dipaksa dan udah deadline ya jadi aja tuh si tulisan hihihi...

Sebenarnya saya lagi dikejar dua deadline. Satu NinantaCorner dan satunya deadline kerjaan karena besok udah tanggal 30 dan waktunya setor list rewrite yang saya tulis. Kepala nyut-nyutan,gara-gara semalam penasaran novelnya Julia Quinn dan berakhir dengan menamatkan 2 novelnya ampe jam 12 malam (jangan dicontoh ya).

Semoga tulisan kali ini bisa menginspirasi ya... dan sampai jumpa di next post. Jangan ragu kalau mau nyumbang topik juga buat minggu depan. 



4 komentar:

  1. Alhamdulillah,makasih banget udah dikabulkan (?) requestnya 😘😘😘
    Berfaedah bangetlah ini mbak buat aku yang newbie... Mkasih sekali lagi *big hug*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat dan semoga langsung aktif nge-blog ya (sindiran buat diri sendiri juga ini hihiihi) Jangan ragu kalau mau request topik lagi hehehe..*big hug*

      Hapus
  2. Kalau blog saya malah fokus ke gambar gmna sis hehe
    ,Soalnya mau nulis banyak2 ndak bisa hehe

    Bagi tipsnya sis hehe


    Salam kenal
    Www yukgas id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya udah lihat blognya, bagus loh karena tentang pariwisata. Dan pasti banyak yang bisa ditulis (maksudnya masih bisa diperpanjang lagi).Di awal bisa nyapa dulu dan bahas daerah yang akan dikunjungi misalnya mau ke "Museum Angkut Malang" nah kamu bisa tuh bahas daerah Malangnya dulu satu atau dua paragraf. Lanjut bahas Museum Angkutnya, mulai dari lokasi terus untuk menuju lokasi harus naik apa, ongkos kesana berapa, tiket masuknya berapa. Next bisa tulis didalamnya seperti apa, ketika baru masuk apa aja yang bisa dilihat deskripsikan. Kegiatan apa yang bisa dilakukan disana. Trus hal paling menarik dalam tempat tersebut apa aja.Kamu juga bisa sebutin kelebihan dan kekurangan dari tempat tersebut dari segi fasilitas dll. Semoga membantu ya :)

      Hapus