Taman Goa Pandawa

Hallo...

Jalan-jalan kali ini saya mau bahas waktu saya ke Taman Goa Pandawa di Batu. Sebenarnya dibilang baru, enggak juga sih karena emang udah lama. Tapi dibilang lama juga enggak karena ternyata masih banyak yang belum tahu.


Selasa kemarin, tepatnya tanggal 8 Mei 2018, saya dan suami lagi ada acara kondangan di Batu. Pulangnya, kita iseng aja pengen main ke Paralayang. Pengennya sih, nikmatin keindahan pemandangan kota Batu dari puncak gitu deh hehehe...

Sebelum nyampe Paralayang, kita ngelihat ada papan penunjuk jalan, di situ tertulis kalo belok ke Taman Langit, Omah Kayu dan Paralayang. Kalo lurus, papan penunjuk jalan menunjukkan arah ke Goa Pandawa. Penasaran, kita pun mutusin ke sana. Di papan tersebut tertulis untuk ke Goa Pandawa dari spot tersebut 2 km.

Buat kamu yang ingin kesini, kalo boncengan motor hati-hati ya. Jalannya bener-bener setapak banget. Emang udah paving tapi cuma setapak aja pavingnya. Udah gitu jalannya nanjak dan meliuk-liuk. Sebenarnya, mungkin saya rada lebay ngegambarin jalannya, tapi beneran deh, itu cuma setapak dan pavingnya kayak belum nempel banget alias cuma ditata tumpuk doang gitu. Enggak kebayang kalo papasan sama motor lain yang mo turun. Sehingga, bisa kalian simpulkan sendiri ya, jalan ini cuma buat motor dan enggak bisa buat mobil. Kamu bisa aja naik mobil kesini, tapi parkiran sama Taman Goa Pandawanya dijamin jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhh. Saran sih lebih enak naik motor kalo kesini karena parkiran motor sama Tamannya deket banget hehehe.
View dari parkiran motor

Berada di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu lokasinya dekat dengan wisata Gunung Banyak. Untuk masuk ke sini kamu cukup bayar Rp 5.000 aja per orangnya loh. Murah banget ya, dan pastinya pas buat kamu yang butuh refreshing murah dengan harga irit hihihi...
Subhanallah...

Waktu itu saya nyampai sekitar jam 15.30 an jadi sinar mataharinya udah mulai mau say 'Goodbye' gitu. Pas baru nyampe di parkiran langsung takjub. Iya takjub ngelihat pemandangan kota dari puncak sini. Waktu itu sepi banget di parkiran cuma ada 2 motor termasuk motor saya. Mungkin, karena udah sore juga makanya pengunjungnya udah pada habis (atau jangan-jangan emang sepi pengunjung?)
Add caption


Masuk ke sini kamu akan diberi pilihan ke goanya atau ke tamannya. Kalau ke Goa, kamu wajib jalan sekitar 50 meteran. Karena udah sore juga, kita berdua gak ada niat pengen masuk-masuk goa hihihi...Akhirnya okelah kita ke tamannya aja.


Spot fotonya gak bisa dibilang banyak sih, karena memang taman ini masih dalam tahap pengembangan. Ada beberapa tumpukan bambu yang kayaknya sih bakal dibikin gardu pandang lebih banyak lagi. Bunga-bunga di sini juga kebanyakan masih imut, sepertinya baru ditanam dan ada pak kebonnya yang rajin menyiram hehehe...
We-fie yang 'dipaksakan'


Sayang banget saya hanya berdua sama suami, jadi gak bisa pose romantis di gardu pandang hihihihi, gak ada yang motoin. Biasanya kita bawa stand untuk kamera tapi karena gak ada niat juga untuk kesini tadinya jadi kita gak bawa. Kamera pun kita gak bawa, akhirnya cuma ngandelin kamera HP yang pada akhirnya hasil foto kurang maksimal. Lebih baik kesana sendiri liat aslinya deh karena pemandangannya asli bikin betah.
Spot ini bakal bagus banget kalau pagi hari


Beberapa spot foto di sini hits banget ya. Ada yang patung kayu super gede, yang meski butuh perjuangan buat pose disitu tapi worth it lah... Ada juga spot foto bintang dan gardu pandang yang kece. 



Di sini, ada banyak banget tempat buat duduk-duduk memandangi kota dari ketinggian. Ada yang buat sekeluarga, dan ada juga yang buat berduaan. Dari yang bentuknya mirip gardu, sampai model ayunan tersedia. Asyik kan, bisa duduk-duduk ngobrol santai sambil nikmatin sejuknya udara di sini. Bisa juga ayunan dan nyemil sembari nikmatin pemandangan kota.

Butuh 'sedikit' perjuangan naik ke sini


Sebenarnya paling asyik kalau kesini pas pagi-pagi banget. Ini karena kamu akan merasa seolah sedang berada di atas awan hihihi..Pemandangan kota berselimut awan pastinya bakal bikin kamu gak mau pulang. Selain itu, matahari yang muncul malu-malu di pagi hari juga akan bikin foto kamu di spot foto yang tersedia makin oke.



Saya dan suami menghabiskan waktu lumayan lama di sini. Bukan buat eksplor tempatnya sih, cuma buat duduk dan menikmati pemandangan dan hawa yang sejuk. Tempat ini pas banget buat kamu yang suka ketenangan, kedamaian dan jauh dari hiruk pikuk kota. Pokoknya peaceful banget deh tempatnya. 


Overall tempatnya oke meski spot foto juga bisa dihitung jari. Ya, tiketnya aja terjangkau banget. Tapi lumayan loh dengan tiket segitu bisa nikmatin pemandangan indah dari puncak. Senengnya lagi, kita gak perlu bayar dobel tiket seperti kalau kita mau ke taman langit atau omah kayu. Tahu sendiri kan, kalau ke sana kita wajib bayar masuk wisata Gunung Banyak dulu, trus entar masuk ke taman langit bayar lagi. Untuk ke Taman Goa Pandawa kamu cukup bayar sekali aja dan itu cuma Rp 5.000 hihihiii...Dan saya ada niat untuk kembali ke tempat ini tapiiii maunya pagi-pagi aja kesininya supaya dapat view yang beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar