Belajar Bahasa Asing III: French

Halo...



Belajar bahasa asing itu emang mengasyikkan dan bikin ketagihan kok. Setelah belajar Bahasa Inggris dan Jepang, hati mulai tergelitik untuk belajar bahasa asing lainnya lagi. Pilihan saya pun jatuh pada bahasa Perancis.



Bukannya apa-apa sih, motif saya simple banget waktu itu: Pengen tahu seperti apa sih yang katanya bahasa paling romantis sedunia itu. hihihi...dan mulailah saya browsing. Jaman kuliah dulu sempet kepikir mau les bahasa Perancis. Udah daftar tapi kelasnya gak mulai-mulai karena kuota satu kelasnya masih kurang banyak. Kecewa banget padahal udah ngebet pengen bisa.

Akhirnya balik lah ke internet, browsing aja lah. Nemu buku PDF judulnya 'Learn French the Fast and Fun Way'. Bela-belain banget ngeprint sendiri trus belajar sendiri tekun banget lah pokoknya. Tapi pinter nulis dan kosa kata doang buat apa kalo gak bisa pronunciation yang bener. Hmm..saya pun langusng search di Youtube cara baca bahasa Perancis dll. Mulai pahamlah dikit-dikit. Meski kalo disuruh listening saya angkat tangan, karena ilmunya masih cetek banget. Masih belum gitu fasih bedain nih orang lagi kumur-kumur ato lagi ngomong hhihihi...Bahasa Perancis ini suka banget kalo ngomong terkesan satu kalimat digandengggg semua..misalnya nih --J'habite aux Etats-Unis--(Saya tinggal di US), bacanya tuh digandeng 'zhabeetohzaytazewneeh'.



Kesan saya setelah belajar sendiri bahasa Perancis itu sulit. Iya..gak segampang Inggris dan Jepang. Yang bikin pusing adalah kata benda alias Noun yang dibedain jadi Feminin dan Maskulin. Mereka ngebedain dari mana benda yang bersifat cewek dan kebanyakan dipakai cewek dengan benda yang bersifat cowok dan dipakai cowok. Misalnya kompor tuh cewek, tapi kulkas tuh cowok. Kucing, pohon, topi dan koran masuk kategori masculine. Sementara rumah, kursi, meja, bathtub masuk feminim. Ya sejauh ini kadang bingung bedain ini maskulin ato feminim.Tapi kalo udah kebiasaan dan lama-lama juga ngerti sendiri.



Itu baru satu keruwetan belum lagi keruwetan linking words. Atau lagi angka dalam bahasa Perancis. Dan seabrek keruwetan lainnya. Tapi meski ruwet justru disitu tantangannya. Saya suka banget melajarinnya. Malah tertantang buat sampai bisa. Saya pun cari cara lain biar makin lancar belajarnya. Apalagi kalo bukan lewat musik.



Yap, saya mulai mengenal penyanyi kayak Indila dan Stromae selain Celine Dion dan Anggun C Sasmi. hihihi...Yap mulailah saya mendengarkan lagu-lgu mereka. Mulai kenal juga sama Lara Fabian, Joyce Jonathan, Camille, Yvonne Catterfield. Tapi jujur lagu pertama berbahasa Perancis yang saya dengar adalah J'imagine dari Julian Cely dan saya langsung suka... Ngomongin soal Julian Cely, ada satu lagunya yang dia nyanyi pakai lagu bahasa Indonesia loh bareng Terry. Lagunya ciptaan Anggun. Check this out:




Selain itu saya juga suka denger lagu anak-anak yang mudah kayak di bawah ini. Lagu anak-anak kadang mudah diingat dan diapalin. Buat yang pengen sekedar tahu kenalan dalm bahasa Perancis kayak gimana, coba deh liat lagu ini:



Nah sampai sekarang pun masih belajar bahasa Perancis karena emang belon lancar, hihihi belajarnya aja sendiri gak pake guru ya. Saya tak lupa dong pakai apk DuoLingo. Aplikasi satu ini emang kesayangan banget deh. Saya saingan sama beberapa orang disitu, bisa berteman juga sama mereka yang bareng-bareng belajar bahasa Perancis. Lewat DuoLingo ini saya juga belajar listening dan speaking sekaligus. Komplit deh, gak rugi downloadnya. Dan yang paling penting apk-nya gratis. hehehehe...



Minat belajar bahasa Perancis juga? Yuk ah mulai sekarang aja, jangan nunggu nanti. Menyenangkan loh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar