Yogyakarta di Akhir April part 1: Goa Pindul dan Sungai Oyo


Hello...

Lama pake banget saya gak nongol di sini. Maklum saja ya, kerjaan saya nambah lagi. Disyukuri saja sih semuanya, tapi memang di awal agak-agak keteteran. Yang biasanya cuma rewrite 3 artikel per hari jadi nambah edit 3 artikel per hari. Otomatis jam kerja saya nambah dan jadi lebih lama hehehe...gpplah ya toh gaji juga nambah, Alhamdulillah lagi...

Kali ini mau cerita pengalaman jelong-jelong di ahir bulan April ini. Trip kali ini di sponsori oleh walimurid dari suami. Intinya, walimuridnya mau syukuran karena puteranya udah UNAS gitu deh, jadi murid sama guru dan keluarganya diberangkatin jalan-jalan. Alhamdulillah,,,rezeki gak kemana ya hehehe...pas akhir bulan pula...

Jadi kita berangkat naik bus kumpul depan sekolah hari Jumat tanggal 26 April 2019 jam 20.00 WIB. Saya kebagian duduk di depan pintu belakang berdua sama suami, ciye bulan madu numpang nih ceritanya hihihi...Oia ini travelnya pakai jasa dari Farista Tour and Travel.

Perjalanan dimulai dengan berdoa bersama, trus dibagiin kue dan minuman. Karena udah malam, jadi gak mood mau nyemil, akhirnya kuenya diselipin aja di bangku, dan kita udah siap2 bobo cantik selama perjalanan. Sekitar jam 2 pagi kita sampai di rest area, langsung turun trus "ritual" ke kamar mandi selanjutnya bus istirahat dulu. Penumpangnya udah pada kabur kesana kemari, termasuk saya dan suami yang mutusin untuk jalan-jalan muterin rest area biar kaki gak pegel.


Pagi jam 7 nyampai di rumah makan Griyo Wono dan langsung beberes. Makannya prasmanan gitu deh, rasanya lumayan kok. Habis makan, kita gak mandi karena toh pagi itu juga langsung acaranya main air dan river turbing ke kali oyo (duh namanya gini amat). Setelah makan kita ganti baju untuk berbasah-basah dan langsung menuju ke Goa Pindul dan Kali Oyo.


Ketika bus berhenti, kita di briefing dulu, suruh pakai pelampung dan ini itu serta dikasih tau apa aja yang boleh dibawa dan enggak boleh dibawa. FYI, selain main air kita juga bakal jalan kaki, ya gak jauh-jauh amat sih, tapi yang capek habis perjalanan jauh pasti males juga mo jalan. Karenanya kalau niat pake sandal, gunakanlah sandal yang sol luarnya gak licin, misalnya sandal gunung. Atau alternatif lain yang malas pake sandal, nyeker aja oke juga kok. Kalau kamu mikir mau make sandal jepit, jawabannya BIG NO. Ini karena pas river turbing atau pas di goa pindul kamu bakal kesulitan ngontrol sandal jepitmu, iya kalo masih nyantol di kaki, kalau tetiba dia hanyut...ya say bye deh. Saya waktu itu milih nyeker aja biar praktis. Sepatu, baju ganti, perlengkapan mandi dititipin di tempat briefing karena udah ada lokernya.


Setelah poto-poto, next kita naik Pajero alias "panas jobo jero" yang artinya naik kendaraan kesayangan para sapi, pick up. Perjalanan naik pick up sekitar 10 menitan ke lokasi goa pindul. Nyampe di sana bukannya langsung masuk goa atau gimana gitu, tapi kita harus jalan jauh menyusuri petak sawah, rumah penduduk dll. Terus kita disuruh bawa ban segede gaban 1 orangnya 1 ban. Setelah ambil ban langsung nyebur? Oh..tentu tidak...kita masih harus jalan lagi Esmeralda...

April akhir ini memang musimnya liburan, dan kita ke Goa Pindul pas hari Sabtu. Silahkan bayangkan sendiri sodara-sodara kayak apa ramenya. Itu kayanya penumpang 10 bus jadi satu tumplek blek di Goa Pindul. Duh...
Sungai di Goa Pindul udah gak berupa sungai tapi jadi lautan manusia.



Jadi satu per satu setelah jalan jauh dan bawa ban super gede, kita antri masuk ke air dan duduk di atas ban. Trus disuruh gandengan antara ban 1 dengan lainnya sama temennya gitu. Ya pokoknya sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia....(kok nyanyi?)


Selanjutnya seru banget karena kita harus ngantri per kelompok untuk masuk ke Goa Pindulnya. Seru abis meski agak merinding juga karena goanya gelap, ya iyalah...Don't worry ada bapak-bapak petugas di Goa Pindul yang siap sedia menggeret sederet ban2 berisi penumpang supaya jalannya lebih cepat lewat Goa Pindul ini.

Can you see the cave after the bridge?
Bayangin segitu banyak orang antri masuk Goa, hiii agak serem juga kan ya kesenggol sana sini. Tapi lumayan lah berjemur juga hihihi...ini ntar masuk guanya sekelompok gitu jadi satu renteng ban bareng gitu, gak rame2 kayak kini. ini kita lagi antri aja masuk duluan.

Kamu yang hobi mengabadikan foto, jangan sesekali bawa smartphone kamu, apalagi yang baru beli, aduh jangan deh mending. Bukannya apa-apa sih, tapi bisa aja kesenggol trus blung masuk ke air dan say goodbye deh karena gak akan bisa diambil lagi. Mending kamu nitip fotoin aja ke guide kamu (kalau kamu bawa guide sih). Atau mending bawa smartphone dikalungin yang rapet biar gak kecebur. Ini saya gak bawa hp, yg bawa suami doang dan itu dicantolin ke tongsis. Gak gitu kepake sih soalnya ini fotonya kebanyakan dari travelnya hihihi...

Pemandangan dalam goa Pindul bagus banget, penuh dengan kelelawar hihihihi...di bagian gelapnya ada kelelawar. tapi ada juga bagian yang terang dan it's amazing. percuma foto juga karena gak keliatan soalnya faktor cahaya juga. Jadi nih tak kasih gambar dari mbah gugel aja ya di bagian dalamnya



Bagus banget kan di dalam?? keren pokoknya pengalaman tak terlupakan. Goa Pindul ini panjangnya sekitar 350meter dan lebarnya 5 meter. Cave turing di Goa Pindul ini kalo gak antri ya 30 menitan tapi kalo lagi antri gini bisa sampai 1 jam. Cave turbing berakhir di sebuah dam yang airnya bersih dan lumutnya subur. It means: ati-ati pas turun dari ban karena kamu akan disambut licinnya lumut. 

Apakah pengalamannya udahan gitu aja? tentu tidak...kamu masih harus jalan lebih jauh lagi setelah cave turbing. apakah balik pulang ke tempat briefeing? awalnya saya kira gitu, karena ada pick up dan kita naik lagi selama 10 menitan. Taunya kita didamparkan di semak belukar yang gersang dan kering. Seketika saya langsung linglung: ini siapa, dimana, mau ngapain?

Dan gak taunya lagi-lagi disuruh ambil ban segede gaban dan kembali berjalan jauuuuhhh. menyusuri sungai, tanah gersang, tanah berlumut tebal dll dll dll. lebay amat hihihi...iya gimana ya...soalnya capek sih baru perjalanan jauh belum ke hotel udah disuruh latihan fisik macam angkat ban dan jalan jauh wakakaka...


Antara pasrah dan rela ya dilakuin aja deh daripada ditinggal di tanah gersang hihi...dan ternyata kita river turbing di sungai oyo. Jadi ini tuh kyak satu paket gitu Goa Pindul sama Sungai Oyo. Untuk cave turbing dan river turbing biaya per orang Rp 100.000. Alhamdulillah lagi gak bayar karena semua biaya udah termasuk dari travel.

River turbing ini dilepas satu satu jadi mau kamu lambat atau cepat ya tergantung kamunya deh. Ada juga yang masih setia bergandeng tangan bikin uler-uleran dari ban gitu..


Sungai ini cukup panjang ya, dan lama banget deh pokoknya di atas ban hihihi..ada juga yang nyebur dan berenang, kayak suami saya contohnya, bosen naik ban dia pun renang dan akhirnya kecapean sendiri karena sungainya panjang pol. Tapi airnya cukup jernih kok dan lagi pemandangannya indah. Malah ada air terjunnya juga dan si bapak penggeret ban dengan isengnya ngelewatin kita di bawah air terjun. Satu per satu pengunjung diguyur di bawah air terjunnya. Ada beberapa air terjun kecil dan semuanya bagus.

Ketika saya kena guyuran tanpa ampun

Dan suami saya dg pedenya lompat dan nyebur

Setelah perjalanan panjang melelahkan di sungai, kepanasan sepanjang aliran sungai ( I really suggest you to wear sunblock or sunscreen!) akhirnya sampai di tempat dimana pick up akan membawamu kembali ke tempat briefing.


Kita harus naik anak tangga sekitar 2 atau 3 meteran untuk sampai ke pick up. Di sepanjang anak tangga, ada jualan cilok dkk yang bisa di bon dulu ntar bayarnya di tempat briefing, lucu ya sistemnya hehehe... Nyampai di tempat briefing baru deh mandi-mandi beberes dan ganti baju yang kering. Asli masih sebel sih sama bapak si pengeret ban, soalnya diguyur lama banget, kepala jadi pusing, apalagi kita berhijab kan, jadi serba salah, mau pake hijab rambut masih basah, gak pake hijab juga gimana...akhirnya ya sudahlah tetap pakai hijab meski masih basah rambutnya...


Habis main air kita makan dan sudah disediakan di bale panjang gitu. Tempatnya menghadap sawah jadi adem ayem tentrem lah pokoknya. Sistemnya tetap prasmanan dengan makanan khas pedesaan, endeus lah..

Setelah makan, kita balik ke bus dan tidur nyenyak sepanjang jalan. Gak tau deh mau kemana lagi, yang jelas badan udah capek dan kaki udah pegel. 
Sekian dulu ya, sambung ke part 2 ntar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar