Tandem, Aplikasi Seru untuk Belajar Bahasa Sekaligus Ngobrol dengan Native

Halo...

Semua pasti udah pada tahu ya kalau di jaman serba canggih ini namanya komunikasi antar negara, bangsa dan benua sudah makin mudah. Semua serba instan dan ringkas hanya dengan satu alat bernama Smartphone. Tinggal ketik dan cling maka pesanpun udah sampai kemanapun kamu mengirimnya, mau dikirim ke tetangga sebelah ato ke antartika juga langsung nyampai.


Nah memanfaatkan teknologi yang ada saat ini saya pun mencoba beragam aplikasi menarik yang ditawarkan Play Store. Tentunya semua pada tahu kalau saya maniak belajar bahasa asing ya, karena itu saya pun mulai jelajah lagi isi Play Store untuk dapat aneka aplikasi lain yang memudahkan saya belajar bahasa asing. Selain Duolingo saya mulai tertarik sama aplikasi semacam Hello Talk, Lingbee dan Tandem.

For Your Information ketiga aplikasi tersebut memang untuk belajar bahasa asing yang kita minati, apapun bahasanya. Namun ketiganya memiliki fitur berbeda dan jelas beda dari Duolingo juga. Kalau Duolingo mempermudah kita belajar bahasa asing lewat sederet game kata yang gak ngebosenin dan mengukur kemampuan kita dari pohon progress kita. Beda lagi sama Lingbee yang menurut saya cukup unik dan 'dare you to make a move'.

Lingbee ini aplikasi dimana kita bisa langsung ngobrol sama orang asing sesuai dengan bahasa yang kita pilih dan ingin kita pelajari. Jadi kita daftar terus pilih bahasa yang kita mau. Selanjutnya langsung telepon atau kita yang bakal di telepon. Semacam random phone gitu deh. Surprisingly it works! Kalau kamu lagi gak siap di telepon mending off-kan aja deh soalnya beneran bakal surprise, LOL.

Beda Lingbee, beda lagi sama Hello Talk. Ini juga aplikasi untuk belajar bahasa yang unik. Jadi modelnya kayak Facebook gitu deh. Tapi ntar saat daftar kita bakal ditanya dengan bahasa apa yang kita gunakan dan kuasai trus bahasa apa yang ingin kita pelajari. Nah selanjutnya biasa deh kayak main facebook, bikin status, pasang foto, ntar komen2an gitu. syukur kalo nemun teman yang cocok trus bisa saling berbagi bahasa. Contohnya nih, saya bisa bahasa inggris pengen bisa bahasa spanyol trus bikin status, ada yang ngomentarin mau ngajarin, ya udah berlanjut deh lewat message atau bisa juga di japri gitu. Ada fitur translate, fitur negebenerin dll. Teman yang kamu pilih juga bakal muncul berdasarkan bahasa yang kamu pilih ya. Overall aplikasi ini menurut saya oke, tapi saya kurang sreg. Entah karena sistemnya ato karena sayanya yang ogah bikin status2-an hihihihihi...

Yang paling menarik dan saya gunakan terus adalah Tandem. 100 deh buat aplikasi satu ini. Saya ketagihan make aplikasi menarik ini. Ini pada dasarnya adalah aplikasi untuk belajar bahasa sekaligus buat nambah teman dari berbagai negara. Awalnya agak bingung tapi akhirnya terbiasa juga. Aplikasi ini aman dari porn dll karena mereka filternya bagus. Jadi beneran khusus buat belajar bahasa bukan buat Flirting. Ketika daftar akan dimintai keterangan standar hobi, bahasa yang ingin dipelajari dll. Setelahnya disuruh nunggu email konfirmasi dulu karena kita gak akan bisa pakai aplikasi ini kalau belum di approve sama mereka. Jadi gak kayak Facebook atau email yang langsung jadi dan pakai. Paling lama nunggu email konfirmasi ini 7 harian, paling cepet ya setengah jam atau 1 jam an lah.

Setelah di approve maka kamu sudah mulai bisa deh cari teman yang kiranya bisa diajakin chatting dan syukur bisa dijadikan teman buat belajar bahasa barengan. Disini juga ada fitur tutor yang bayar. Semisal kamu serius banget pengen belajar bahasa dalam waktu singkat, nah mereka menyediakan nih tutor yang oke. Kalau mau pake gratisan aja bisa juga kok...
Yang dilingkari itu jumlah yang kasih kita referensi

Pasang foto yang menarik biar makin banyak yang mau jadi teman kamu. Menarik bukan harus selalu foto diri ya, bisa juga kamu pasang foto pemandangan ato apapun yang berkaitan dengan hobi kamu. Next, langsung aja kirim pesan atau chat sama orang yang kamu minati. Tentu yang sopan chatnya jangan langsung nyelonong aja. Tapi juga jangan terlalu biasa biar mereka juga tertarik.

Berdasarkan pengalaman saya di Tandem, kalo kita chat orang dengan sapaan awal , "Hi, How are you" udah gitu doang, kebanyakan bakal dicuekin. Sebaiknya langsung aja kenalin diri singkat dan katakan maunya apa. Misalnya, "Hi, My name's Ana. I'm from Indonesia." . lanjutin dengan basa basi lain misalnya, " Your picture looks amazing, where did you take it?" atau langsung aja " I really want to learn spanish, would you mind to help me?".

Pertama pakai aplikasi ini saya langsung kirim chat pada 10 orang berbeda dan....saya harus puas dengan hanya 6 orang yang balas chat saya. 4 sisanya entah udah gak aktif atau gak minat aja chat sama saya hihihi...

Teman pertama saya adalah Mai, cewek Jepang berambut pendek yang super ramah, kita langsung terlibat obrolan seru mengenai musik. Dia telaten banget ngajarin saya bahasa Jepang dan langsung membetulkan ucapan atau kata yang salah. Ada juga Akiko yang juga cewek Jepang. Kita juga cocok karena sama-sama suka ngobrolin masakan. Akiko ini orangnya sangat supportive banget sua nyemangatin lah maksudnya hihihi pokoknya temen ngobrol yang oke.
Pakai vitur audio message

Selanjutnya saya juga ada teman dari negara tetangga, Malaysia. Tapi tetap aja kita ngobrolnya pakai bahasa Inggris meski kita serumpun dan mengerti masing-masing bahasa. Kita ngobrolin banyak hal dari budaya, bahasa ampe kerjaan dan yang pasti kita saling mengasah kemampuan bahasa inggris terutama untuk speaking.

Ada juga teman dari Yunani yang entah saya lupa awalnya gimana bisa kenalan sama nih orang. Ada dua sih sebenarnya dan masing2 dari mereka unik. Satunya seorang akuntan yang hobi jln2 keluar negeri dan hobi begadang. Satunya lagi seorang multitalenta, selain jadi koki, ia juga jadi fotografer, dan juga make up artist. Saya bahkan dikirimi beberapa hasil jepretan kerennya dan kita asyik ngobrolin satu per satu fotonya tersebut.

Oh ya bicara soal Tandem fiturnya lengkap banget. Kamu bisa gunakan chatting model message gitu yang didalamnya ada fitur "correcting" juga, jadi kita bisa benerin chat teman yang salah dengan mudah. Ada juga fitur comment mirip fitur reply this message punyanya Whatsapp. Ada juga fitur audio message yang menurut saya berguna banget buat belajar pronunciation. Kamu juga bisa pasang status yang jika menarik bisa ngundang teman untuk chat sama kamu. Dan ada fitur phone call dan video call.

Sepanjang saya pakai Tandem, baru 2 bulanan sih ya, saya udah coba semua fiturnya. Tapi untuk video call emang gak gitu efektif karena masalah jaringan. Phone call pun kadang putus2 tapi lumayan oke lah. Kalau ingin memakai fitur phone call atau video call usahakan sama-sama di waktu yang tepat ya. Jangan sampai kamu maksa pakai fitur phone call atau video call padahal lawan bicaramu lagi asyik mendengkur. Perhatikan perbedaan waktunya. Pada profil teman kita sudah tertera jam berapa saat itu di tempatnya jadi kita bisa memperkirakan waktu yang tepat untuk ngajak chatting, telepon dll.
fitur phone call

Selama pakai Tandem, saya nemu beragam teman dengan preference yang unik. Ada yang maunya telponan doang males chatting. Ada yang mau chatting doang gak mau telponan. Ada yang maunya video call aja. Tapi kebanyakan sih kita chat dulu setelah panjang lebar baru nanya, kira2 bisa nggak kita telponan. Baru deh setelah itu telponan dan bisa ngasih Reference.






Fitur Reference ini gunanya biar teman kita makin banyak. Jadi semisal saya habis telponan sama si A. ntar si A akan nulis di referensi saya tentang gimana rasanya ngobrol sama saya, apakah saya negeselin ato gimana. Sebaliknya saya juga bisa nulis referensi untuk si A bahwa ia orang yang begini dan begitu. Ntar referensi tersebut bisa dibaca orang lain biar mereka tertarik juga ngobrol sama kita. Tapi jangan maksa dapat reference juga karena beberapa orang di Tandem juga kadang males kasih reference. Jadi mereka emang sering chat atau telpon kita tapi mereka gak mau ngasih reference, model yang begini ada juga.

Teman yang kita dapat adalah berdasar bahasa yang ingin kita pelajari. Belajar bahasa lewat Tandem bisa efektif bisa juga gak efektif. Kalau mau efektif usahakan komunikasinya gantian. Misalnya kamu ingin belajar bahasa spanyol dan lawan bicaramu ingin belajar bahasa inggris. Jadi kalian kesepakatan aja misalnya seharian ini ngobrol pake bahasa spanyol dan seharian besoknya ngobrol pakai bahasa inggris. Gak efektifnya kadang kita terlalu nyaman pakai 1 bahasa aja jadi cuma satu pihak aja yang belajar sedang pihak lainnya cuma sebagai teman ngobrol tanpa ikut belajar juga. Ya tergantung niat sih ya hehehe...Kalau niatnya cari teman aja ya it's fine.

Buat saya Tandem ini sangat multifungsi. Saya dapat banyak teman baru, bisa belajar budaya mereka dan jelas bisa dapat aneka info menarik dari berbagai negara. Bahasa asing yang saya pelajari lewat Duolingo pun gak sia-sia karena saya bisa praktek langsung lewat Tandem. Yang efektif untuk saya sampai sekarang sih, bahasa Jepang saya punya teman dari Jepang 3 cewek dengan latar belakang berbeda sehingga obrolan juga beda dan seru. Selain itu bahasa Spanyol juga karena saya punya banyak banget teman dari Columbia, Costa Rica, Mexico, dll yang bersedia ngajarin saya. Menariknya bahkan ada yang bisa lancar bahasa Indonesia lohhhh hihihih saya jadi suka chatting sama mereka. Bahasa terakhir yang efektif saya pelajari juga lewat Tandem adalah Bahasa Perancis. saya punya dua teman, satu wanita dan satu pria dan keduanya tinggal di Paris. Keduanya mengajari saya bahasa Perancis sementara saya ngajarin mereka bahasa Inggris.

Di luar itu banyak juga kenalan lainnya yang cuma sekedar ngobrol singkat tapi sering. Kebanyakan adalah teman dari Turki. Asli banyaaaaaaaakkkk banget yang ngajak saya chat dari Turki baik pria maupun wanita. Kebanyakan mereka pengen belajar bahasa inggris dan pengen praktek ngobrol aja sih. Eh bahkan saya punya grup WA khusus yang dibuat para cewek Turki kenalan saya di Tandem supaya mereka bisa ngobrol barengan sama saya hihihihii seru banget deh karena selain belajar bahasa kita juga bisa saling ngegosip masalah kerjaan ampe masalah lipstik.

Nah yang ingin memperluas pergaulan juga, ayo deh segera daftar Tandem dan gunakan aplikasi ini untuk belajar bahasa baru. Asyik dan pastinya seru kok. Biar temannya gak itu-itu aja yuk mulai deh main Tandem.


44 komentar:

  1. Ahhhh seruuuuu...... Aku mau coba tandem aahh, moga aja hapeku gak lemot gila.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung cobaaa...klo misalnya kurang pede sama orang asing, bisa coba sama orang indonesia dulu 😊

      Hapus
  2. Cara ngasih link referensi ke temen kita gimana ya ?

    BalasHapus
  3. Link referensi akan muncul sendiri secara otomatis di chat teman kita. Jadi kita tak bisa mengirim link referensi

    BalasHapus
  4. cara pake aplikasi biar gratis dan ga bayar gimana ya kak? soalnya ada pilihan skip the line, trs muncul buat langganan berbayar gitu

    BalasHapus
  5. Saya pengguna tandem juga... Apps ini bagus, sungguh. Saya sedang belajar bahasa Spanyol dan French. Banyak yg membantu disana dan sebaliknya saya membantu mereka dengan bahasa Inggris dan Indonesia... Salam kenal., Rachel wang

    BalasHapus
  6. Cara mengangjat panggilan video call gmn kak?

    BalasHapus
  7. Kak, kalau mau dapat link reference harus nelphone dlu ya? Kalau kita cuma chat aja ndak bisa kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak kok. Link reference bisa muncul ototmaris meski kita cuma chat. Tapi biasanya nunggu chatnya banyak dulu ya..kadang ada kok meski kita rajin telpon atau chat tapi link reference gak keluar2.

      Hapus
  8. 10% review lingbe
    10% review hellotalk
    90% review tandem wkwkw

    Tapi emng lengkap banget sih review nya makasih kak ananta. Tapi emng bener ya harus nunggu 7 hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhah kan sesuai judul utama.. "Tandem, aplikasi blablabla" 🤭 enggak sampai 7 hari kok...24 jam paling cepat. 7 hari tuh paling lama.

      Hapus
  9. Kaka gimana caranya nambahin reference ditandem temen kita ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link reference akan muncul secara otomatis jadi kita gak bisa nambah reference sblm linknya muncul sendiri di percakapan. Kalau chat sudah banyak atau mungkin stlh telepon atau video call, baru link reference bisa muncul.

      Hapus
    2. Hai.. bisa koq ngasi referensi. Kita harus pake app di handphone. Masuk ke chat kita dan teman kita, kemudian scroll ke atas, di sana ada menu khusus bikin referensi buat teman kita.. Happy tandem..heheh

      Hapus
  10. setelah klik link verifikasi akun yg dari email, abis itu kok saya ga bisa login tu kenapa ya ka? mungkin kira-kira kaka bisa bantu jawab🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek lagi mungkin salah password ato email. Klo g bisa, coba uninstall tandem,trus instal lagi trus coba login. Klo masih g bisa juga, wah..ga tau lagi deh...hehehe..mohon maaf g bisa bantu banyak 🙏

      Hapus
  11. Aku setuju banget sama kakak dengan review apps Tandemnya😊lak aku mau tanya..apakah kalau kita gak langganan tandem masih bisa pake apps nya??apa emang harus langganan kak??

    BalasHapus
  12. Truss aku mau tanya cara menghapus pesan yang udah kita kirim gimana sih kak??kak aku ngirim message ke temenku tapi aku mau hapus ga ada fiturnya..

    BalasHapus
  13. Kak urutan belajar bahasa asing yg benar kyk gimana ya kak? Pengen ngomong sama org Jepang, tapi blm ngerti basic nya kak... Apa harus belajar lewat duolingo dulu baru ke tandem kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Banyakin nonton anime🙂🙂🙂🙂 banyakin nonton drama Jepang. Buat aku yg efektif sih dri nonton2 gt.
      2.Trus kamu boleh juga beli buku2 dasar belajar bahasa Jepang,terutama untuk pengenalan hiragana dan katakana.
      3. Banyakin kosakata lewat duolingo.
      4. Kalau kamu sudah banyak dapat frasa jepang dari anime dan drama, kamu baru deh bisa praktekkin d tandem.
      Good Luck!

      Hapus
  14. Hai Kak, aku baru pke apk tandem nih kemarin, aku pilih yg 7 free day. Pas aku klik malah jadi langganan, biar ga berlangganan gmn ya kak, minta bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kurang tau sayanya..soalnya dulu saya milih yg free dan ampe sekarang ttep free tuh..hehehe..mohon maaf ya gak bisa kasih solusi

      Hapus
    2. Hallo mau tanya aku baru pake tandem dan sama kaya kakak free 7 hari. Itu gimana ya cara agar berhenti berlangganannya

      Hapus
  15. Kalau milih yg free gmn sih kak?

    BalasHapus
  16. Hay salam kenal. Aku baru bake tandem pengen belajar bahas a inggris sama Turkish, kaku banget aku ya Allah orang orang pada ngechat tapi aku bingung mau ngomong apaan..

    BalasHapus
  17. Kak mau Tanya, saya kok gak bisa pakai foto profil yang dipilih dari galery ya, kalau dari ambil foto langsung, bisa kk

    BalasHapus
  18. Berarti tanpa harus berlanganan juga aplikasi ini masih bisa di pake ka?

    BalasHapus
  19. kak maaf mau bertanya kalo ada yg berbayar ini harus diapakan ? sudah klik tanda silang dan segala kegiatan tolak menolak lainnya tapi kalau klik biru biru lagi maka muncul pembayaran lagi. terima kasih

    BalasHapus
  20. Kalau mau kasih referensi, kamu harus pakai handphone. Di atas ada menunya. Kalau pakai pc atau laptop, sepertinya belum ada menu itu

    BalasHapus
  21. Kak,kalo mau liat referensi dari teman kita di profil kita gimana ya kak?

    BalasHapus
  22. Apakah chatnya harus sesuai urutan semisal setelah dia udah bls chat kita apakah harus kita yg chat lagi? Karna tulisannya your turn ��

    BalasHapus
  23. Kak kalau ada yang minta kontak line atau Skype. Kita kasih gak? Aku takut

    BalasHapus
  24. Kak mau tanya dong. Aku udah lumayan lama pake aplikasi tandem, tapi kenapa ya kadang obrolan kita tiba" hilang padahal lagi asik ngobrol :( kenapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo. aku juga ni sama lagi asik ngobrol tiba tiba ilang aja profile orgny, kaka uda ketemu solusinya belom? hehehe. thank youu

      Hapus
    2. aku juga kak pdhl kita udah mmmmmmmm gimana ya anjr crush gua

      Hapus
  25. Hallo kak, aku juga pakai tandem. Aku mau nanya nih kak. Kemarin aku mau isi referensi ke teman tandem nah sama dia kayak dikasih link gitu. Tapi belum sempat aku balas chatnya sudah hilang. Kira-kira itu kenapa ya kak ?

    BalasHapus
  26. Halo kak! Apakah aplikasi tandem harus menggunakan foto profil wajah kita ya ?

    BalasHapus
  27. Tpi prnh gak sih klian nemuin org2 awal2 chat,blm ada bnyk basa-basi udah lgsg minta no. Wa? It klian kasi gak sih? Aq agak takut soalnya ngasi, apalgi cowok 🥺

    BalasHapus
  28. Kak cara kasih refrensi nya gimana kk

    BalasHapus