Hobi Nulis Sampai Jadi Profesi

Hallo...

Kali ini mau ngomongin hobi lainnya, yaitu menulis. Hobi yang satu ini muncul sejak saya hobi membaca. Munculnya gara-gara saya ngerasa (sok lebih tepatnya) bisa juga nulis cerita keren dalam beragam buku, novel, cerpen dll yang pernah saya baca. Dan waktu itu saya gak nyangka kalau hobi sedari kecil itu bisa bikin saya dapat gaji dan malah jadi profesi saya sekarang.




Oke saya mulai sejarahnya dari hobi nulis ampe jadi profesi. hihihi (kayak ada aja yang mau tahu). Yaweslah suka-suka saya ya, mo nulis apa, blog saya juga ini meski gratisan.


Waktu SD kelas 6 gegara kebanyakan baca novelnya R.L Stine akhirnya kepikiran pengen nulis novel, wkwkwkwk, ngayal banget ya. Ilmu masih cetek pake banget, udah sok aja pengen nulis cerita berupa novel pula. Tapi beneran terinspirasi R.L Stine sih. Akhirnya berbekal buku tulis bekas pelajaran Kertakes (duh mata pelajaran jaman kapan itu ya) yang masih putih bersih tak pernah terpakai, mulailah diriku menulis.



Sesuai sama quote diatas, saya pede banget nulisnya. Rajin pula. Sehari bisa nulis 2 ampe 3 lembar loh...alurnya ngalir gitu aja, masih enggak tahu mau misteri yang kayak gimana pokoknya masih seputar pengenalan tokoh dan sifat-sifatnya. Karena pengeeennnn pake banget punya kakak laki-laki, saya pun bikin tokoh utamanya disini kakak laki-laki sama adek ceweknya. Karena masih SD tokoh yang saya bikin pun belum kenal pacar-pacaran, so ini novel niatnya misteri aja gak pake drama. Seingat saya ceritanya tentang sekeluarga, liburan ke hutan terus lupa terusannya hihhihi....

Enggak ya, waktu itu pas baru nemu ide buat misterinya ternyata saya dihadapkan sama UAN. hiks...ya sudahlah, menulisnya berhenti dan mulai tenggelam dalam buku-buku setebel buku telepon kuning (cari tahu dengan jarimu). Jadilah novel misteri itu gak dilanjutin lagi.
Pas SMP nulis novel udah jarang dilakuin. Lebih ke males tepatnya karena lebih suka baca, baca dan baca. Gak produktif banget yak. Hihihi



Tapi jangan salah, pas SMP itu nulisnya ganti bukan novel ato cerpen kacangan. Nulisnya ganti karangan bahasa Inggris. Ini karena di tempat kursus saya diwajibin menulis sesuai dengan tema yang dikasih tiap minggunya. Bagi saya ini asyik ya, selain ngasah kemampuan bahasa Inggris juga ngasah kemampuan mengarang indah wkwkwkwk. Apalagi kalo nilainya dapat A. Wuh senengnya pake banget.

Eh tapi pas SMP itu saya rajin nulis Diary. Sejak beragam diary imut, cantik lucu berwarna pastel lembut bermunculan disitulah inisiatif saya buat nulis keluar. Nulisnya niat, pake spidol warna warni, pulpen aneka warna bahkan ampe crayon. Yang ditulis macem-macem,mulai sebel sama seseorang, kisah ditembak cowok ampe keseharian yang biasa-biasa aja. Sebelum lulus SMP ada ujian mengarang cerita kan, nah disitu saya gunain imajinasi tingkat Kelurahan untuk menyelesaikan cerpen dalam waktu 2 jam saja hiks, mepet buuuu...



Pas SMA mulailah nulis-nulis cerpen entah berbobot entah kagak. Yang jelas tiap kali pengen nulis ya saya nulis. Saya beli buku akuntansi yang guede itu dan mulailah menulis. Maklum ya jaman dulu komputer hanya dimiliki beberapa gelintir orang, masih kagak ngerti bener ngoperasikannya. So menulislah saya di buku besar itu dan berjanji lebih produktif nulis cerpen, at least sebulan satu cerpen.

Nulis diary pun masih tetap. Malah pake ditambahin foto-foto biar ada kenangannya. Diary udah mulai beli yang ada gemboknya. Kenapa? takut si mama baca hihihi. Isinya kan macem-macem tuh mulai rasa sebel, kesel, gundah, seneng ampe seneng banget ada disitu.

Kalau ditanya kok bisa konsisten nulis diary dan cerpen? Ya gak tau ya, kebiasaan aja kali. Jadi serasa ada yang kurang kalau belum nulis. Lewat tulisan saya bisa numpahin segala rasa yang gak pernah bisa diucap lewat kata-kata. Saya lebih suka menuangkan dalam tulisan ketimbang ngomong langsung.



Buat kamu-kamu yang pengen nulis tapi bingung mo darimana, duh tulis aja apa yang ada di kepala. Gak peduli sejelek apa susunan kata dll, yang penting idemu kamu keluarkan lewat tulisan. Lihat quote diatas, “Mulailah menulis, apapun itu. Toh air tak akan keluar kalo kerannya belum diputar”. Kalo gak dipaksa nulis gak akan bisa ampe kapanpun.



Ada lagi yang bilang, belum nemu inspirasi (termasuk saya kalo lagi males nulis blog). Sebenarnya ini salah ya, nulis gak butuh inspirasi. Inspirasi gak akan datang kalo kita gak nyari dan lihat sekitar kita. huhuhuhu bijak amat saya, padahal poin ini belum tentu saya praktekin sendiri hihihi.
Pas jaman kuliah mulailah saya kenal sama dunia mengarang indah yang sebenarnya. Yap, kalo pas ujian trus matkulnya tentang PKN gitu ato tentang matkul yang butuh penjelasan panjang sepanjang-panjangnya.wkwkwkwk...

Jaman akhir kuliah saya nemu pengumuman mungil di papan announcement. Isinya kalo ada yang minat nulis artikel bisa hubungi nomor hp yang tertera. Isenglah saya menghubungi, eh direspon. Itulah pertama kalinya saya kenal sama dunia tulis menulis.



Bos saya baek banget. Instruksinya jelas, telaten ngajarin saya yang gaptek waktu itu. Untung udah ada laptop (makasih mama untuk hadiah ultahnya), jadi nulisnya gak perlu nebeng komputer ayah (suka diomelin kalo kelamaan pake). Waktu itu 1 artikel bahasa Inggris dihargai Rp. 5.000 untuk 300 kata. Pertama sulit karena belum terbiasa, lama-lama fasih. Pertama butuh 2jam untuk nulis 1 artikel, lama-lama setengah jam juga jadi.



Gajian pertama serasa mimpi. Ini beneran digaji???Kayak gak percaya aja nulis begitu doang dibayar. Kerjanya dirumah, tinggal ketak ketik terus dibayar. Inget banget gaji pertama saya Rp. 75.000 dari nulis 15 artikel pendek. Ngambil bayaran dirumah bos sekalian kenalan sama bosnya. Waktu itu ambil gajinya ama pacar (suami saya sekarang). Nulis saya pun berlanjut, bahagia ternyata bisa ngasilin duit dari menulis apa yang tergambar di pikiran kita. Big Thanks for Mr. Yulius karena udah ngenalin saya di dunia penulisan berbayar ini.

Setelahnya, saya pun dikenalin dengan bos lain, sebut saja Mr. Muchlisin ato nama gaulnya Mexs Lysyn. Bos satu ini pun gak kalah baiknya, ngajarin tentang keyword, SEO dll ke saya. Ngasih kerjaannya pun detail instruksinya. Kalo saya salah pun ditegur n dinasehatin jadilah ilmu saya nambah lagi. Nulis dg bos satu ini on and off, kalau ada kerjaan ya nulis gak ada ya istirahat dulu nikmatin jerih payah nulis. Pernah nulis beragam artikel bahasa Inggris mulai dari tentang rumah, tentang kebun, tentang gaya rambut, teknologi masa depan ampe tentang otomotif yang saya gak ngerti sama sekali tapi ya tetap nulis (mohon maaf ya mas, amburadul bgt waktu itu tulisan otomotifnya). Sebelum nulis browsing dulu tentang topik yang mau ditulis biar gak salah kaprah, kalo udah ngerti baru dah nulis dg kata2 sendiri. Gaji yang pernah saya dapet dari nulis seabrek-abrek itu beragam mulai dari Rp. 300.000 ampe Rp. 750.000.

Saya pun terinspirasi bikin blog sendiri. Tapi karena saya tahu saya nulisnya males-malesan untuk blog sendiri jadilah saya bikin gratisan aja. Asal buat nyalurin hobi aja lah...Bikin di wordpress pake bahasa inggris. Dan... benar jarang saya urus huhuhu...

Trus sibuk sama ngelesi privat dan jaranglah saya menulis lagi. Pagi ngajar, sore ngelesi ampe malam. Nulisnya jadi wasalam. Sampai suatu ketika nemu lowongan di kenalan suami. IBTimes butuh penulis. Ya sudah sok atuh ngelamar aja. Dibantuin bikin CV yang bener dan menarik sama rekan sekaligus mentor saya di IBTimes Indonesia, Masbro Bahrul Ulum jadilah saya ngelamar online.

Dites nulis artikel bahasa Inggris, wawancara juga bahasa Inggris karena entar teman-temannya warga asing, tes kecepatan internet dan akhirnya 3 hr kemudian dikasih tahu kalo diterima. Asli gak nyangka karena habis nulis lamaran itu udah sibuk sama kegiatan lain dan gak kepikiran galau takut ditolak.



Mulailah saya nulis artikel berbahasa Indonesia. Harusnya lebih gampang karena pake bahasa sendiri ya, tapi kok malah sulit banget rasanya. Kalimat saya aneh, serasa gak sreg di hati dan gantung banget gak selancar saya nulis artikel bhs Inggris. Nulis satu artikel lamaaaaaa banget 2 jam lebih. Masih banyak ditegur salah sana sini tentang tulisan maupun cara ngepostnya.

Dapat 5 hari eh dikasih tahu kalau IBTimes Indonesia mau fokus sama berita bisnis. Mulai lagi belajar dari 0 nulis bisnis. Mulai belajar menyesuaikan bahasa bisnis, translate berita bisnis dari sumber asing dll. Sehari wajib nulis 5 artikel berita bisnis, per artikelnya dibayar $3 jadi sehari dapet $15. Sebulan dapat $300- $325. Kebayang dong senangnya nulis berbuah dolar.



Alhamdulillah banget. Jujur waktu itu kondisi keuangan emang lagi amburadul. Banyak keperluan ini itu yang butuh banyak biaya. Thanks to Allah, Allah emang segalanya dan sebaik-baiknya pengatur. Dari hobi nulis bisa menghasilkan uang. Kerjanya dirumah dan bisa dimana aja asal ada laptop dan internet. Bahkan dari IBTimes ini saya dan suami jadi berani ambil langkah besar pindah ke Malang. Jual rumah lama Pasuruan dan beli di Malang meski nyicil. Segala pernik rumah dari lemari ampe pernik taman bisa kebeli.

Setelah IBTimes Indonesia, langkah saya dipermudah waktu nyari kerjaan lain. Ketika browsing kerjaan dan ngelamar, mereka melihat CV saya dan langsung percaya karena saya pernah kerja di IBTimes, meski tetap tes sebagai formalitas.

Pada awalnya saya memang nyari yang freelancer saja karena saya gak mau kerja terlalu ngoyo lagi. Ya, sekedar ngisi waktu nunggu suami pulang kerja. Rezeki gak kemana malah ditawarin jadi re-writer tetap di perusahaan Jepang berbasis Singapura. Tetappp kerjanya dirumah, sehari butuh 1 maksimal 3 artikel. Itupun saya tinggal re-write, gak pake nge-post gak pake research karena udah ada bagian sendiri2. Kerjaan saya tinggal re-write trus kumpulin. Bos saya Mr. Kenneth O' Keefe pun super baik. Ngajarin sistem kerja dan njelasinnya telaten. Kalo salah ngingetinnya aluussss bener dan kalo pas artikelnya bagus mujinya juga setinggi langit. Alhamdulillah banget ya.



Sekarang tinggal nulis blog sendiri yang wajib digiatkan biar tetap produktif selain ngisi blog orang. Nulis cerpen dan novel pun kayaknya harus kembali digiatkan meski entah kapan. Godaannya terlalu besar. Sebelah rumah saya emang kebon tebu yang udah tinggi, kadang serem sih kalo liat goyang-goyang ketiup angin, tapi kadang seneng denger gemerisik dedaunan kena angin, serasa ada di pantai (suaranya doangggg) plus anginnya semilir, bawaannya pengen maen mulu (main ngerawat taman dan bunga, duduk2 cantik di teras, nonton drama..lhoh kan drama lagi).

Ya sudahlah sekian dulu tulisan saya. Nulis udah 1500an aja, pasti yang baca udah pusing duluan gak tau ini intinya apa poinnya apa dan pentingnya dimana. hihihi.. Saya cuma mau sharing hobi nulis saya mulai kecil ampe bisa jadi profesi nulis, that’s all. Dan tentunya terima kasih sebesar-besarnya untuk para guru saya, guru bahasa Indonesia, guru bahasa Inggris, Untuk para bos dan mentor yang baik hati sudah berbagi ilmu pada saya. Thank youuuu tanpa kalian saya bukan apa-apa.


Terimakasih sudah berkunjung 

4 komentar:

  1. Keren.... Tjakep bingit nih perjalanannya. Semoga ku bisa lancar nulis juga, bukan hobby lagi sih di aku tapi udah jadi cita-cita. Sukses terus mbak ananta.... 💪💪💪
    -
    Poinnya, kutunggu postingan cerpennya. Wokeh mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo nun nyoba nulis berbayar juga. Di awal mungkin bayarannya gak seberapa tapi lmyan lah buat hobi ngopi, nikmatin wifi ato beli paketan. Hehehe.

      Postingan cerpen masih maluuuuu....kebanyakan nulis serius, dr artikel ampe berita.bahasa sastranya kaku tak sehalus bahasa cerpenmu hihihi...

      Hapus
    2. Masih belum berani akunya. Wawancarnya itu lisan mbak?

      Hapus
    3. Macem2 nun,ada yg lewat telepon,ada yg via videocall,ada yg by chat doang.

      Hapus