I Love Reading Books

Hallo...

Salah satu hobi saya dari kecil adalah membaca. Orang tua saya sedari kecil hobi membelikan buku cerita bergambar yang warna warninya ceria. Ada juga beragam majalah anak-anak sampai komik disney macam donald bebek.



Bacaan pun meningkat, sayangnya perpusatakaan di sekolah bukunya gak begitu menarik. Untunglah banyak sodara saya yang dengan baik hatinya memberikan beragam buku bacaan mulai buku fiksi hingga non fiksi.



Membaca memang mengasyikkan. Bisa lupa waktu, lupa makan dan seolah ikut hanyut dalam ceritanya. Kalau pengen jalan-jalan gak punya uang, duh cukup baca buku aja. Tamat sebuku udah kayak fresh lagi ni pikiran, seolah habis kemanaaaa gitu.



Saya inget banget ketika ortu saya cerai dan saya pindah ke Pasuruan tinggal dirumah nenek sama ibu dan keluarga pakdhe, buku-buku tersebut yang paling berperan nemenin saya. Punya tetangga yang sekaligus teman sekelas juga sangat membantu. Apalagi sama-sama hobi baca. Nindy nama sahabat saya itu. Selain ngobrol, kalo udah bertamu kerumah Nindy kadang suka lupa pulang wkwkwkwk, gara-garanya keasikan baca buku.




Saya ampe bikin perpustakaan sendiri waktu kecil. Sok-sokan menata buku di meja belajar (bukan buku pelajaran sekolah ini). Saya datain nama pengarang dan tak lupa dikasih nomor buku. Seingat saya pas kelas 2 SD itu buku bacaan saya ada nyampe 300an. Mama saya juga sempet marahin saya gara-gara saya malas belajar dan lebih suka baca cerita hihihi.



Jaman dulu kalo pengen baca suka ribet sama keuangan. Belum bisa nyari duit sendiri, minta mama juga enggak tega, akhirnya persewaan buku-lah yang jadi alternatifnya hihihi. Ke persewaan ini biasanya saya bareng Nindy. Ngeborong novelnya R.L Stine sama Enid Blyton. Sekali sewa 10-20 buku dan itu belum nyampe seminggu udah habis kebaca wakakakak.

Pas SMP itu kalo mama ada rezeki lebih suka juga beliin novel anaknya (psst...mama juga hobi baca novel LUPUS soalnya). Mama kalo beliin pun gak nanggung 10-15 novel sekalian. hohoho... Selain novel ringan karya Hilman, saya juga suka baca majalah, bahkan langganan majalah remaja kala itu.




Oiya perpustakaan di SMP saya bukunya bagus-bagus gak kayak SD. Buku-bukunya baru-baru dan menarik semua, jadi kalo istirahat pasti ngacir duluan ke perpus takut buku baru yang bagus disrobot yang lain. Yang paling hebih waktu itu novelnya J.K Rowling apalagi kalau bukan Harry Potter.




Di SMA saya mulai hobi baca karya-karya lama yang bukunya kadang udah menguning atau masih putih bersih karena jarang ada yang baca. Novel satra lama model Siti nur Baya, Salah Asuhan, Layar Terkembang, Di Bawah Lindungan Ka’bah, Tenggelamnya Kapal Van der Wijk Hingga La Hami sampai Ronggeng Dukuh Paruk pun jadi pilihan. Butuh waktu lebih lama memang karena bahasanya tak seperti bahasa novel modern. Tapi jika sudah selesai membaca ada rasa kepuasan tersendiri.



Selain pinjam dari perpus saya juga sering beli buku kalo pas ke Gramedia apalagi kalo pas diskonan. Wuhh comot semua buku bagus tanpa inget uang jajan kedepannya gimana. Sebodo amat besok gak bisa jajan yang penting beli buku.



Pas Kuliah bacaan pun berubah lagi. Karena mengambil Pendidikan Bahasa Inggris saya juga menyesuaikan dong. Mulailah hunting novel-novel bahasa Inggris. Nah karena harga novel bahasa Inggris yang baru sangatlah tak terjangkau anak kuliahan, yaweslahhh...beli bekas aja di lapak buku bekas Wilis-Malang. Disini kalau pinter nawar, novel bahasa Inggris bisa dibeli harga 2000-5000 rupiah aja.



Seneng? Pastinyaaa...Dan untungnya ada sahabat kuliah doyan baca juga yang mau berburu buku disini, namanya Erna. Kalau habis dari Wilis kita langsung baca dan tukeran novel yang dibeli hihihi.




Pertama kali baca novel bahasa Inggris waktu kelas 2 SMA. Saya masih inget karena itu tugas dari Mrs. Win, guru bahasa Inggris waktu itu. Karena jurusan bahasa, maka beliau pun maksain kita baca novel at least satu bab sebulan. Judul novelnya “The Picture of Dorian Gray”. Saya inget banget ampe bosen buka tutup kamus, nge-list new vocab ampe ketiduran padahal baru baca satu paragraph. hihihi tapi pas kuliah dan ada matkul extensive reading, saya jadi gak kaget dan enjoy membaca novel bahasa Inggris.



Lulus kuliah membaca pun masih tetap berlanjut tapi udah nggak lagi bela beli buku. Jaman udah mulai canggih, jadi download PDF aja hihihi. Nyari hemat yang gratisan. Mulai novel Inggris sampe beragam novel Indonesia pun menuhin hardisk lepi. Dan itu berlanjut sampai sekarang. Kalau gak bisa tidur larinya pasti baca lewat Smartphone atau di lepi. Kadang kalau malas baca tinggal puter audiobook yang banyak berserakah di youtube. hehehe..



Jangan ditanya kemana buku koleksi saya dari kecil ampe gede, karena mereka sudah saya sumbangin. Sebenarnya gak tega pake banget, apalagi novel-novel yang dibeli susah payah pake nabung dulu. Tapi saya mikir kasihan juga kalo cuma ditumpuk dan tergeletak. Mending disumbangin ke perpus atau ke mereka-mereka yang membutuhkan. Bisa lebih bermanfaat. Dan kalopun saya pengen baca lagi ya tinggal download pdf-nya aja.
Meski begitu kadang suka gatel pengen beli buku kalo ke Gramedia. Tapi begitu inget cicilan rumah, langsung sadar wakakakakak dan kembalilah saya berburu PDF.



Wah gak kerasa udah 800 an kata saya nulis soal hobi baca. Semoga kalian yang baca gak pusing ya hihihi. Saya pengen anak saya-pun kelak (semoga disegerakan punya, Amin) hobi baca kayak saya. Karena manfaat baca itu buanyaaaak banget. Selain bikin kita makin imajinatif, banyak informasi yang bisa diperoleh dll dll dll.

Nah kalau pengen tahu pengarang-pengarang novel favorit saya cek yuk di next post. See Ya


2 komentar:

  1. Lagi berbuka sambil baca blognya mbak nih (tenang gak pake keselek kok), tulisannya selalu bagus. Btw, bukunya sekarang masih ada nggak? Ada tips2 khusus cara ngerawat koleksi buku?
    Btw, aku juga suka ke wilis loh. Sama berburu buku diskonan pas bazzar buku murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhah udah tak tulis nun d atas "jgn nnya bukunya kmn krn udh tak sumbangin" hihihi..kamu gak konsen nihhh lebih pokus sama piring y hohoho 😂😂😂
      Tak sumbgin k mcm2 nun,k perpus,k murid2 yg mau.jd skrg tgl koleksi PDF seabrek2.

      Klo saran mrawat buku,aku dlu ngrawatnya bukunya dsampulin trus jgn dilipat,mnding dksih pmbtas buku drpd dlipat.trus nyimpennya usahakn jgn dtempat lmbab soalnya buku jd gmpg jmuran. Rajin dkebusin 2minggu skali biar g berdebu.

      Hapus