Berkebun Yuk! *edisi Bunga🌺🌸🌻🌼

Hallo lagi....

Semenjak April lalu saya dan suami memang lagi seneng-senengnya merawat kebun. Seneng belanja lebih tepatnya. hihihi... Kalo ke splindid tuh wuihhh godaannya pengen beli semuanya hohoho...





Nah saya kalo beli pasti gak mau dong cuma sekali tanam langsung mati. Pokoknya kelangsungan hidup mereka harus terjaga dan tak ingin mengulang kisah yang sama. Ih kisah apaan? Nih ceritanya:


Bermula saat kalanchoe saya yang 5 pot itu mati 2 pot karena kehujanan pas saya tinggal pulang ke Grati (hiks maafkan aku ya kalanchoe😢😢). Si Kalanchoe ini memang gak doyan air, kayak kaktus gitu. Musibah terjadi saat saya lupa gak masukin kalanchoe saya ke dalam rumah dan membiarkannya di kebun. Alhasil pas pulang, 2 pot kalanchoe udah hancur lebur, hari demi hari mereka udah makin layu lesu, bunganya rontok dan batangnya busuk ( Now Playing: Gugur Bunga).😣😣😢😢😢

Okeh, cukup sudah cerita sedihnya. Nah sekarang kalanchoe yang tinggal 3 biji itu saya rawat baik2 dan alhamdulillah masih diberi umur panjang😇. Itupun setelah perawatan super intensif. Soal tata cara merawat kalanchoe, suka dukanya dan perjuangan melawan hama akan saya tulis di post selanjutnya plus video nanamnya dari awal ampe berbunga (ini berdasarkan pengalaman nanam sendiri, jadi tunggu aja ya hehehe)😉



Selain Kalanchoe, ada juga bunga lain yang mulai memadati teras dan kebun. Ada krisan dan mawar batik. Ada kisah unik di tiap bunga. Tapi semua berawal dari ibu penjual bunga langganan saya. Tiap ke Splindid saya selalu suka ke kios ibu👵 ini. Orangnya ramah (ya iyalah jualan kok gak ramah), harganya lebih murah dari kios lain (udah muter2 yang paling murah ya di ibu ini), dannn orangnya suka berbagi tips tips nanam tiap bunga.😊😊😊



Pertama saya beli pohon daun jeruk, kedua balik lagi kesitu beli kalanchoe warna baru, ketiga balik lagi kesitu beli pot, keempat balik kesitu beli krisan. Dan...si ibu pun terharu wkwkwkwk, beliau pun menghadiahkan sekuntum mawar batik 🌹untuk saya. Bukan sekuntum ding, sepohon. Nah pas dikasih masih kuncup, lhah pas mekar kok cantik sekali ya subhanallah...Akhirnya saya balik ke ibu itu lagi dan ngeborong mawar batik lain.



Mawar ini perawatannya tergolong mudah, cepet berbunga dan gak rewel. Pas banget sama kondisi cuaca tempat tinggal yang sejuk dan curah hujannya tinggi. Mawar ini doyan air dan doyan panas. Nah lo gimana tuh...Ntar saya jelasin di post berikutnya yang khusus ngebahas mawar ya. Di rumah kebetulan si mawar udah berbunga 2x, kemarin lupa siklusnya belum difotoin. Ntar kalo habis berbunga ini saya ftoin siklusnya, cara motongnya dll.



Ada krisan juga dirumah. Krisan ini sebenarnya perawatan tergolong sulit untuk yang daerahnya panas banget. Tapi untuk daerah saya ya gampang-gampang susah lah. Tapi alhamdulillah 3 bulan ini berhasil berkutat dengan cara kembang biaknya. Meski masih belajar, tapi sudah ada hasil yang keliatan.



Dulu pernah beli krisan 5 pot dan tewas semua dengan sukses setelah 3 bulan (Repeat Play; Gugur Bunga). Itu karena caranya salahhhhh. Beberapa bulan kemarin memberanikan diri beli krisan, beli 3 dulu karena takut mati, tapi setelah berhasil berbunga lagi setelah layu jadi berani beli aneka ragam buat dikembangin diperbanyak lagi. Saya juga bakal berbagi cara nanamnya dari awal banget ampe berbunga plus video kalo bisa di next post. (next post ini tergantung cepet enggaknya si bunga ngembang ya hehehe..)



Di Next post saya mau bahas cara nanam bunga cantik kecil yang gak ribet dan gak butuh waktu lama numbuhnya, apa itu? Cek pos selanjutnya yaaa

2 komentar:

  1. Nice post mbak, btw pulang ke grati?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi sama sekali enggak.aku terakhir plg ke grati tgl25 kmrin hihihi.kalo yg insiden kalanchoe kehujanan itu udah lama pas bln februari ato maret gt tak tgl plg 2 hari.pas 2 hari itu ujan deres2nya hihihi

      Hapus