Gili Ketapang dan BJBR

Hallo...

Jalan-jalan kali ini seru banget loh. Liburan panjang akhir bulan Maret ini saya menuju ke Gili Ketapang. Serunya saya kesana bareng sama murid-murid kelas 8 BSS, yang mana suami saya adalah salah satu walasnya (walasnya ada 2 untuk 1 kelas). Jadi ini ceritanya nebeng rekreasinya murid BSS gitu tapi saya tetap bayar sendiri lah ya hihihi...

Tadinya rekreasi mau ke WBL dan nginep 2 hari tapi karena satu dan lain hal akhirnya batal dan diganti ke Gili Ketapang. Kita kesana berangkat dari depan SMP BSS naik bus. Saya duduk depan sama suami. Oh iya, ada juga beberapa wali murid yang ikut juga loh.

Kita menuju Pelabuhan Probolinggo dan itu memakan waktu sekitar 2,5 jam. Kita berangkat jam 6 pagi dan nyampe jam 8.30 an. Baru berangkat kita udah disuguhin nasi kotak dengan menu lengkap plus kotak kue isi 2 biji roti. Karena gak biasa sarapan terlalu pagi, ya bekalnya gak dimakan dulu, ntaran aja agak siang hehe...

Cuaca hari itu cerah sumringah dan panas beud. Bajunya kita kompakan pakai putih semua jadi ya gak gitu panas lah lumayan. Nyampe di Pelabuhan kita langsung menuju ke kapal kecil ( ini kapal apa perahu ya?) yang akan membawa kita ke pulau Ketapang. Agak syok karena masa iya sih 45 orang bejubel naik ginian emang muat? Dan ternyata muat wakakakaka....
Kita naik ini ke Gili Ketapang
Perjalanan alhamdulillah lancar jaya. Panasnya nyengat abis, untung bawa kacamata biar gak silau. Ombaknya tenang menghanyutkan, udaranya segar, wah pokoknya perfect-lah. Setelah 30 menit mengarung laut akhirnya kita nyampai. Pemandangannya subhanallah cantik banget.

Pasirnya putih bersih lautnya biru seger waw deh pokoknya. Kita langsung menuju tempat istirahat. FYI, disini banyak banget tempat istirahatnya dan itu dibuat untuk masing-masing tour guide. Jadi yang kesini gak pakai tour guide kalau mau neduh kayaknya harus ke rumah penduduk atau jalan ke dekat dermaga. Kita langsung neduh ke tempat yang udah disiapin dan melepas lelah. Yang mau snorkling langsung bersiap deh ganti baju dan lain-lain. Sedihnya saya gak bisa ikutan snorkling karena lagi DPT huft. Padahal emak-emak lain yang gak bisa renang juga pede aja ikutan karena katanya aman dan entar dibantu ama guide-nya.

Yaweslah saya nikmatin indahnya pantai dan pasir putih serta angin semriwingnya aja. Suami dan rombongan langsung snorkling. Ada sekitar 2 jam-an mungkin akhirnya acara snorkling udah selesai. Dapat juga foto underwaternya yang keren banget.

Kita akhirnya dapat makan siang juga di tempat istirahat tersebut. Menunya ikan panggang yang sama sekali gak amis, enak banget plus ikan cumi hitam yang rasanya juga oke. Kenyang, kita lanjut deh selfi2 di area pantai.

Sempet ada 3 turis nyasar. Mereka kebingungan pingin makan tapi enggak tahu dimana. Kayaknya mereka ke Gili gak pakai guide. Sementara penduduk di situ gak bisa bahasa inggris. Yaweslah saya bantu mereka karena kasihan juga udah muter bolak balik gak ada yang bisa ngomong inggris. Saya bantu nanya ke penduduk sekitar dimana bisa beli makan (karena seperti yang udah saya jelasin tadi, kalau gak ikut guide emang gak boleh makan atau numpang berteduh di tempat2 peristirahatan). Penduduk pun ngejelasin ke saya kalau mau makan ada banyak warung tapi dekat dermaga onohhh jauhhh. Dan saya pun ngejelasin ke para turis kemana mereka bisa dapat makan. Mereka langsung sumringah karena pada akhirnya ada juga yang bisa ngertiin mereka hihihi...

Kita akhirnya balik lagi ke Probolinggo jam 1 atau jam 2 siang udah lupa jam. Cuaca mulai mendung. Udah naik perahu eh lhah kok dianya mogok. Entah kenapa jadi semua orang panik. Belum lagi anak-anak masih aja kemriyek, ya bayangin deh anak SMP serame apa hehehe..Setelah beberapa menit akhirnya perahu sanggup melaju.
Ini penutup atas belum dibuka.

Dan entah karena alasan apa, petugas perahunya membuka tutup di atas kepala kita. Pastinya semua jadi excited dong, berasa bisa lihat langit bebas di atas perahu dengan ombak yang mulai membesar. Tapi kayaknya kesenangan gak bertahan lama, gerimis sudah mulai turun. Uh oh....
Ini tutup atas udah dibuka

Semacam para pengungi yg kayak di pilm2 hihihihi

mendungnya..

Ombak kecil sudah mulai menabrak nabrak lambung perahu dan itu bikin ombaknya nyiprat ke muka dan baju. Plus hujan makin deras dan angin kencang. Amazing banget deh...Semua langsung heboh. Kru perahunya juga gak mau nutup atapnya dengan alasan: anginnya kenceng susah nutupnya dan merek dengan santai bilang, "ntar juga enggak hujan".

Hello pak,,,,,ini baju semata wayang, udah gak bawa ganti lagi nih...tapi si bapak-bapak nyantai bin cuek aja. Kita yang di perahu cuma bisa pasrah nikmatin hujan deras sambil berdoa moga hujan cepat berhenti. Dan beneran loh 10 menit sebelum nyampe pelabuhan Probolinggo itu hujan udah berhenti dan cuaca kembali panas cerah sumringah. Pas nyampe daratan, baju udah kembali kering padahal tadi basah kuyup. Saking apanya coba? Saking panasnya hihihihihi...

Kita kembali ke bis dan langsung lanjut ke BJBR. Iyalah udah jauh-jauh dari Malang masa gak mampir kan rugi ya. Tapi waktunya dibatasin nih hanya 1 jam saja karena udah sore juga sih. Dan dengan waktu limited itulah, saya dan suami muasin selfi dimana-mana hehehe...

Ada tempat baru juga di dalam BJBR, di situ ada Kuda Troya yang bisa dipake selfi, trus ada juga panggung hiburan buat yang mau nyanyi. Masuk kesitu bayar Rp 10.000 ntar ditukerin minuman mineral tiketnya. Saya dan suami masuk aja kesitu karena mumpung lagi kesitu kan..
Kita pun naik ke Kuda Troya dan selfi dari atas situ.

Pas turun dari situ kita selfi di tempat lainnya juga. Dan lagi asyik selfi tiba-tiba suami saya naik ke panggung. Trus nyanyi buat saya, wawwww terharu banget hahahahaha...Saya gak nyangka dia berani nyanyi di depan banyak orang buat saya.

Puas foto-foto dll kita pun balik ke bis. Dan perjalanan pulang pun dimulai. Kita sempat mampir dulu ke restoran untuk makan malam. Ini juga termasuk dari travel jadi udah gak usah bayar lagi. Dan di restoran ini ada fasilitas karaoke-nya. Suami saya kembali nyanyi lagi disini. Ya ampun, saya enggak tahu dia ini kenapa dan kesambet dimana tumben-tumbenan mau nyanyi depan banyak orang hihihihi...

Perjalanan hari ini cukup lancar semuanya dan cukup menyenangkan juga. Secara keseluruhan puas lah jalan-jalannya.