Portulaca di Kebunku🌸🌼🌻

Halo...
Seperti yang udah saya janjikan, saya mau bahas bunga yang paling imut di kebun saya, warna warni,  gak ribet nanamnya, cocok dengan kondisi cuaca apapun dan yang pasti cantik🌹



Nama kerennya Portulaca. Ia termasuk suku tanaman Portulacaceae. Spesiesnya sendiri sekitar 40 sampai 100 dan tersebar di negara tropis sampai negara bermusim 4. Keliatan pinter gak sih saya hohohoho, ini hasil baca Wikipedia ya..hehehe.

Nama lain tanaman ini kalau di tempat saya sebutannya Krokot. hihihi meski namanya gak sekeren nama aslinya tapi bentuk cantiknya bener-bener memikat hati udah gitu tanaman ini rajin berbunga loh. Nih saya kasih tau cara tanamnya ya:

Menanam si Krokot ini gampang banget. Tinggal petik batangnya trus tancepin di tanah dan dia bakal tumbuh dengan cepat. Kalau unsur hara tanah terpenuhi, rajin disiram dan dijauhkan dari hama, paling cepat 2 minggu kamu sudah bisa lihat bunganya bermekaran. Kalau cuma ditanam doang gak dirawat paling 2 bulan baru bisa tumbuh terus.





Pertama saya dapet bunga ini dari mama yang hobi banget menghias pot-pot rumahnya dengan krokot. Emang kalau dibiarkan krokot ini bisa panjang banget batangnya dan nutupin pot jadi kayak tirainya pot gitu, asyik kan. Makanya kebanyakan ada juga yang nanam krokot ini di pot kecil untuk digantung karena keliatan bagus kalo udah panjang.




Ngeliat krokot yang berbunga cantik merah kuning dan ada yang sembur, saya pun tertarik dan ikutan nanam krokot di taman saya. Saya deselin aja tuh krokot di sela-sela semak daun-daunan. Tancepin batangnya satu-satu, kalau jaraknya rapat makin bagus. Dan walahhh...sebulan kemudian bunga bermekaran.




Krokot ini mekarnya pagi jm8 ato 9an gitu. Tapi ntr sore jm3 an gitu bunganya bakal kuncup lagi dan mekar di jam yg sama esok paginya.

Batang yang udah panjang dan wajib re-plant

Potong separuh batangnya

Tancapin di tanah



Setelah 3 bulanan batang krokot akan makin panjang, nah potong aja separuh dan langsung tancepin di sebelahnya. Istilahnya di re-plant alias ditanam ulang. Penanaman ulang ini berfungsi biar si Krokot tetap rajin berbunga tanpa kenal musim. Gak ditanam ulang juga boleh tapi makin lama bunganya jadi makin sedikit. Jadi, biar bagus ya itu tadi harus rajin replant minimal 3 bulan sekali.



Krokot ini bisa ditanam di tanah, di pot, di polybag. Kebetulan saya punya dua jenis yang rumpuk sama yang biasa. Untuk warna yang biasa saya punya warna orange, kuning dan putih. Yang rumpuk saya punya sembur putih pink, orange sama pink. Dia gak rewel. Kena hujan banyak oke, kena panas juga oke asal jangan lupa disiram. Anti badailah pokoknya. Dia mau segala musim dan benar-benar gak butuh banyak perhatian.




Meski begitu wajib diperhatikan adanya kutu putih. Kutu putih ini suka ngerusak tanaman. Kalau masih sedikit mending cepat dibasmi dengan cara dipitesin atu2 atau semprot pestisida. Kalau udah banyak mending tanaman yang terinfeksi dibuang aja daripada nular ke temennya. Tapi gak semua lahan ada kutu putihnya kok. Kutu putih ini paling seneng bunga warna kuning, dia terbang kesana kesini nemplok di batang dan menyerap nutrisi si bunga. Nakal banget kan.

Ini contoh kutu putih


Si Krokot tahan sama kutu putih. Meski tahan tapi kan kasian juga kalau dibiarkan. Jadi rajin periksa ya, kalau ada kutu putihnya langsung pites aja. hhehehe...



Nah sebulan lalu saya semangat nanam krokot ini, dan pengennya nanam di tempat baru. Ada pipa nganggur, ya udah inisiatif dibolongin trus krokotnya ditanam disitu. Perjuangan banget ini bikin bolong-bolongnya. Karena gak punya bor akhirnya ngebolongin pipa pakai paku yang dipanasin dulu diatas kompor. Bisa dibayangin ini butuh waktu lamaaaaaa, tapi karena ngerjainnya berdua (cieeee..) jadi gak kerasa. Setelah sukses melubangi atu2 plus ngelubangin bawah untuk resapan airnya, krokot pun mulai ditanam. Seminggu kemudian taraaaaa..... mulai berbunga.



Lucunya nih tiap hari bunganya beda-beda. kadang warna kuning semua, kadang sembur semua, kadang rumpuk semua, kadang pink semua. kayaknya mereka kompakan nih hihihi. Ini rencananya mau saya biarin ampe panjang banget. Sementara yang di kebun di sela semak mau saya atur biar tetap pendek dan artinya harus rajin replant.




Yang saya tahu krokot ini ada dua jenis.yang satu krokot bunga ini untuk hiasan. Yang satunya krokot sawah modelnya kayak rumput liar. Yg krokot sawah itu punya banyak manfaat. Ini hasil browsing ya. Krokot ini bisa jadi obat disentri dan peluluh air seni( sudah tercatat di WHO). Bisa juga jadi pakan ternak dan insektisida. Di Indonesia sendiri beberapa daerah ada yang memanfaatkannya sebagai lauk, di botok tepatnya.

Yuk nanam krokot...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar