Bromo di Akhir September

Halloo...

Ketemu lagi di awal Oktober ini ya...Kali ini mau cerita perjalanan akhir bulan kemarin yang cukup seru. Ya jadi ceritanya akhir bulan kemarin ada Family Gathering dari sekolah tempat suami ngajar. Daripada dirumah mulu bosen kan, yaweslah saya ikut aja.

Jadi, pada Jum'at 29 September kemarin sekolah tempat suami ngajar, yakni SMP Brawijaya Smart School Malang mengadakan acara Family Gathering. Rencananya adalah ke wisata Gunung Bromo dan sekitarnya. Jadwal keberangkatan adalah pukul 11 malam. Denger kayak gini so pasti saya langsung kebut kerjaan nulis di hari Kamisnya. Iya dong, maunya saya Jum'at itu saya bobok dan persiapan fisik (baca: males-malesan) aja tanpa kerja. Jadilah hari Kamis saya ngoyok 6 artikel. fiuhhhh....

Dan pada hari H saya nyantai aja dan tak lupa nyiapin segala perbekalan. Yaelah gak bawa banyak kok karena emang gak nginep dan cuma sehari aja. Yang jelas saya bawa obat-obatan macam vicks, freshcare sama obat asma. Bawa baju ganti juga sepotong sama beberapa roti buat jaga-jaga kalo kelaperan. Untuk make up saya cuma bawa andalan aja, yakni DD Cream Wardah plus Lip Balm Wardah. Gak bawa bedak n lipstik hihihi. Tak lupa masker dan sarung tangan pun dibawa soalnya serem aja sih denger-denger suhu bisa ampe minus.

Jam 10 malem teeet saya dan suami meluncur ke sekolah buat ngumpul. Nyampe sana ternyata udah pada rame aja. Saya pun kenalan dengan guru-guru dan keluarga besarnya yah meski gak inget semua namanya, maklum ya baru pertama ketemu ini. Kita menunggu dan menunggu namun Jeep yang dipesan gak datang-datang. Paling sebel kan kalo nunggu. Ini udah berangkat malam, naik Jeep lama pula gak dateng dateng.

Kzl pake banget apalagi kondisi lagi gak fit. Ya pas berangkat ini saya emang lagi radang tenggorokan plus batuk dan sedikit flu. Uhhh asli gak nyaman. Ini salah saya juga sih karena emang pas hari Rabunya pgn makan cilok bakar. Habis makan itu terus minum es jadilah sakit tenggorokan plus bapil. deuhhh...

(ini view Bromo jam 4an lebih didepan toilet penanjakan 2)

Jam 1 malam Jeep pesanan baru datang. Yaelahhh pakkkkk tahu gitu saya bobok dulu drumah tadi..hiks.. Alasan para sopir sih karena masih nganterin tamu lain yang ternyata gak on time. Yaweslah pak yang penting njenengan sekalian udah pada datang saya senang kok hehehe... Tempat duduk udah dibagi. Saya kebagian di Jeep nomer 4 dengan keluarga pak Wahyu. Bapak ini bawa istri dan 2 anak lelakinya yang udah gede-gede. Dalam hati saya bilang alhamdulillah...no kids (bukaaaannnnn, bukannya saya gak suka anak kecil. Tapi untuk perjalanan jauh yang menurut saya gak ramah anak gini bakal repot ngebawa anak. Kasihan kan si anak jadi gak nyaman tidur, trus di jalan cranky belom lagi kalo dia gak enak body trus 'jackpot' alias muntah. wah ga asik kan jadinya). Dan saya duduk di depan sama suami bak penganten baru (inilah asyiknya belon punya anak) berasa masih pacaran aja.

Setelah komat kamit baca doa perjalanan pun dimulai. Bersyukur banget saya duduk di samping pak sopir. Ya iyalah ini Jeep tahu sendiri tempat duduk belakangnya gak nyaman dan gak hadap depan. Perjalanan lewat Tumpang Malang dan di setengah perjalanan awal saya udah bobok manis efek kena obat batuk. Ih pak sopir Jeepnya hebat loh padahal jalanan berkabut tebaaaallll banget dan bener-bener gak kelihatan tapi Jeep tetep melaju kencang. Deuh saya mah horor aja lihatnya. Dari lewat jalan berpasir yang debunya naudzubilah ampe lewat jalanan penuh kabut tebal saya mah dzikir aja. Udah gitu jalanannya terjal naik turun wuh pokoknya nano nano deh. Keluarga yang duduk di belakang asyik aja ngemilin konsumsi. Saya mah boro-boro makan, horor banget liat jalanan.

(yang ini lokasi masih depan toilet ya)

Jam 3.15 dini hari nyampe di lokasi Penanjakan 2. Ini karena lokasi tertinggi Bromo yakni Penanjakan 1 lagi dalam perbaikan. Katanya sih perbaikan akan selesai bulan Desember ntar. Nyampe di lokasi penurunan Jeep ini hawa dingin langsung terasa. Refleks langsung buka HP dan ngelihat suhu udah 9° C. Dingin banget karena biasanya dirumah paling dingin 15°C doang. Loncat-loncat dan gerak-gerak berusaha supaya hawa dingin gak begitu menusuk. Yang paling saya amati adalah langitnya. Cantik banget dengan taburan bintang bintang yang jelas banget.

Jam 4.15 an orang orang udah pada jalan kaki mau lihat sunrise nya. Suhu saat itu udah 1° C. Yawes saya dan suami ngikut aja sekalian sholat subuh. Airnya udah jangan ditanya dinginnya kayak apa. Habis subuhan saya ama suami ngemper aja depan toilet. Dingin banget sambil liatin orang-orang lalu lalang dari wisatawan dalam n luar negeri ampe yang jajain sewa jaket dan aneka mamin.

Masih pada mau jalan ke puncak penanjakan 2 tapi saya takut gak kuat (nafasnya maksudnyaa). Yaweslah saya lihat yang dari bawah aja. Lumayan kok kelihatan sunrise-nya. Suami mulai lapar dan akhirnya kita pesan 2 pop mie plus 2 teh anget. Jangan kaget kalo mahalnya gak ketulungan, namanya juga tempat wisata. 1 pop mie dibanderol 15 ribu dan segelas teh anget kueciiiilllll dibanderol 5 ribu. Setelah makan kita jalan agak jauhan mau lihat Bromo dkk lebih dekat. Subhanallah cantik sekali..rasanya gak pengen pulang, betah aja gitu ngelihatin gunung Bromo, gunung Bathok dkk.

Balik ke Jeep rasanya napas udah ngos ngosan aja. Capek jalan nanjak bo'. Mana banyak dogie berkeliaran lagi. Setelahnya tujuan berikutnya adalah Lautan Pasir. Yawes lanjut naik Jeep dan meluncur ke tempat selanjutnya. Sempat kena macet panjang tapi gak bete karena pemandangan kanan kiri indah. Belum lagi pemandangan turis ganteng dan cantik yang riwa riwi hehehe...

Nyampe Pasir Berbisik jam 8 an pagi. Langsung deh pada selfie dan wefie. Apalagi suami saya yang hobi banget foto dekat Jeep. Habis gitu ada event makan bersama dengan semua guru dan staff. Heboh plus seneng banget, makan rame-rame berbagi lauk rame rame. Setelahnya langsung menuju ke kawah.

Saya mah ogah naik ke kawahnya. Sadar diri aja kalo saya gak mungkin kuat naik ke puncaknya. Udah pasti ngos ngosan dan sesak nafas. Yaweslah saya di Jeep aja nunggu suami yang ngeksis ke puncak. Saya main Duolingo sembari nunggu suami balik dari kawah. Saat itu hawanya udah terik banget padahal masih jam 9 atau jam 10an pagi. Panas menyengat tapi anginnya sejuk dan kenceng. Deuhhh jangan ditanya debunya ya. Udah pasti saya bapil makin parah.

(ini di bukit teletubbies)

Habis puas ngabisin waktu disitu, kita lanjut ke Bukit Telletubies. Nyampe bukit jam 12an siang duh itu puanassssss banget. Udah gitu bukitnya gak ijo habis kebakaran katanya (info kurang elas entah kebakar kenapa). Yawes selfi sekali dua kali langsung ke tempat peristirahatan aja.

Di tempat peristirahatan (namanya apa ya lupa?) pokoknya kek warung tapi luas banget dan pemandangannya indah banget. Ada hiburan karaoke terbuka plus organ tunggal hihihi. Ada toilet dan kamar tidurnya juga. Disitu kita melepas lelah, makan minum sholat dll. Jam 2 siang kita pulang. Nyampe sekolah lagi udah kucel kusut lelah letih lesu tapi seneng. Iyalah liburan gratisan dapet foto cantik seabrek pula. Hehehehe...

Kalo ditanya mau gak balik ke Bromo lagi saya pikir-pikir dulu deh...Senang sih tapi panasnya pas siangan itu dooo... gak lagi lagi deh...
See you in the next post