Bertanam Mawar🌹

Hallo…

Saya mau cerita soal bertanam mawar nih…

Bunga cantik ini selain cantik di pandang baunya juga semerbak. Nah, dulu awal pindah rumah sama sekali gak kepikiran nanam mawar. Waktu itu alasannya takut perawatannya repot. Dulu waktu di Pasuruan pernah nanam tapi cuma berbunga sekali doang habis gitu wasalam.😑



Nah, pas lagi suka sukanya bela beli pot, tanah, pupuk dan krisan si ibu langgananku ini ngasih hadiah sebatang pohon mawar. Katanya sebagai rasa terima kasih karena selalu belanja di kiosnya. Alhamdulillah ya dikasih gratisan. Waktu itu mawarnya masih kuncup ada 2 kuncupnya. Bingung mo ditanam dimana akhirnya yawes taruh aja depan kolam. Dapet seminggu si mawar mekar. Subhanallah 😄😄😄 cantik banget, ternyata si ibu ngasih saya mawar batik.Mungkin ada nama ilmiahnya, tapi biar gak ribet yaweslah kita sebut saja mawar batik.


Mawar batik pertama saya warnanya merah ada batik kuningnya. Ciri si mawar batik ini agak beda sama mawar biasa. Kalau mawar batik, batangnya lebih kecil dari mawar umumnya. Dah gitu, durinya lembut alias kecil2 bahkan hampir kelihatan gak ada durinya. Baunya pun gak wangi malah cenderung gak ada baunya sih. Tapi cantik warnanya. Ukuran bunganya agak kecil juga gak sebesar mawar potong biasanya.



Karena tertarik, saya dan suami pun balik lagi ke si ibu untuk beli lebih banyak. Belilah aneka mawar batik. Ada merah hati batik pink, Pink batik putih , Merah batik kuning dan satunya lagi merah darah batik merah hati. Harga sepohon mawar 5 ribu ya. 






Pas jalan-jalan ke daearah Batu juga nemu mawar cantik-cantik ampe bingung mau beli yang mana. Tapi uniknya si mawar disini bukan batik tapi warna kelopak luar dan dalamnya beda. Yang dalam warna kuning yang luar warna orange. Ada lagi yang unik, warna dasar putih tapi pinggirnya pink dan sedikit ungu. Saya juga beli mawar warna pink pucat dan pink cerah. Duh pokoknya mendadak maniak mawar deh.






Udah beli banyak akhirnya miana dekat kolam dicabutin ditaruh di pot. Pinggir kolam diganti mawar. Niatnya si mawar gak akan saya biarin ampe terlalu tinggi jadi ntar mau rajin dipotong gitu. Udahan ya cerita si koleksi. Sekarang waktunya tau cara merawatnya:




·         Rajin siram
Si mawar ini tergolong tanaman mudah rawat kok. Kalau di daerah kamu panas, pastikan aja rajin nyiram agak banyak. Pagi dan sore wajib siram ya. Tapi nyiramnya juga jangan over, takutnya batangnya malah busuk karena terlalu banyak disiram. So, takaran airnya harus pas. Kalau misalnya nyiram kebanyakan buruan jemur aja si mawarnya.





·         Doyan sinar matahari
Si mawar ini doyan juga sama sinar matahari. Jadi jangan diteduhin, panasin aja gak apa2. Tapi kalau udara di kota kamu terlalu hot, ya kira-kirain jemur mawarnya. Misalnya Cuma 4-5 jam aja. Pokoknya mawar suka sama sinar matahari.

·         Potong kalau udah mulai layu
Kalau sudah berbunga emang cantik banget si mawar ini. Berbunganya pun lama bisa tahan ampe 2 mingguan lebih. Nah kalau udah gitu pasti sayang banget mau motong si mawar. Ini juga terjadi sama saya. Pas udah 2 mingguan, suami motong si mawar. Ihik langsung gak rela karena kasian masih cantik kok udah harus dipotong. Tapi suami cuek aja tuh hehehe… Iya ini juga demi kelangsungan hidup si mawar ya. 

Kalau motong batang juga jangan ragu. Potong aja setengahnya. Kira2 sejengkal diukur dari bunganya. Nah bunga yang dipotong kan masih cantik, bisa taruh di vas sebagai pajangan. Mawar emang wajib potong setelah layu biar cepet numbuh lagi. Kalau mawar yang biasa sebulan juga udah numbuh lagi. Sementara mawar yang batik butuh 2-3 mingguan baru numbuh tunas bunga baru.

·         Beri Pupuk
Biasanya kalau beli mawar dimana aja deh pasti belinya besar-besar ukuran si mawarnya, yak an? Nah begitu ditanam dan numbuh lagi pasti gedenya si bunga udah menyusut aja dan gak segede di awal tanam. Ini tandanya mawarmu butuh di pupuk. Kalau mau bunganya besar pakai pupuk Growmore. Siram seminggu sekali pakai pupuk ini. Sementara kalau mau si mawar cepat berbunga, setelah potong bunga layunya beri pupuk bisa NPK (biasanya harga 5 ribu sebungkus plastic kecil), Gandasil D dan Gandasil B.



NPK ini bentuknya butiran warna kebiruan. Kalau kamu nanam di pot ya sebutir atau 2 butir aja cukup. Taruh aja butirannya di atas tanah trus siram deh. Tiap kali kamu nyiram si butiran ini juga akan kesiram juga jadi pupuknya masuk dikit-dikit. Dilarutin dalam air juga bisa. dilarutin terus disiram boleh aja tapi saya pernah nyoba cara ini dan besoknya si bunga langsung layu (kepanasan sama kandungan pupuknya kali ye). Ngasih NPK bisa 2 minggu sekali aja

Gandasil D ini gunanya untuk melebatkan daun. Bisa dipakai ditanaman apapun yang pengen disuburin daunnya. Larutin dalam air baru semprot ke tanamannya. Ngasihnya 2 minggu sekali. Satunya ada gandasil B. Yang ini buat numbuhin bunga dan buah. Bisa dipakai di tanaman bunga atau buah. Ini merangsang pertumbuhan bunga dan buah biar lebih cepat. Sama juga tinggal larutin di air terus semprot. 2 minggu sekali aja nyemprotnya.







Jadi kamu bisa pilih mau pakai Growmore sama NPK aja boleh. Mau pakai gandasil B dan D aja boleh. Suka-suka lah…pilih sesuai kondisi tanaman kamu.

·         Bersihkan dari hama
Kalau nanamnya banyak pasti hamanya juga banyak dan macam-macam. Sejauh yang saya tahu di kebun saya, hamanya ada kayak kutu putih tapi warnanya hijau. Ini cukup disemprot aja pakai air juga ilang. Kalau hama lain belum pernah tahu sih selama 4 bulan nanam mawar ini. Rajinlah menyingkirkan daun yang layu. langsung potong daun layunya. Jangan lupa juga mencabuti rumput-rumput di sekitar mawar biar tak mengganggu pertumbuhan mawarnya.

Itu saja sih yang penting dari menanam mawar. Rajin siram, beri sinar matahari cukup, rajin bersihkan rumput dan hama, dan  beri pupuk kalau mau cepat berbunga. Selamat menanam dan semoga berhasil ya 😇🌹


1 komentar:

  1. Ijin simpan. Bener2 cantik bunga mawarnya dan Bener2 bagus postingannya lengkap banget. Makasih 🙏 🙏

    BalasHapus