Menanam dan Merawat Kalanchoe

Hallo...

Saya kembali muncul hari ini dan akan sedikit pengalaman bertanam dan merawat bunga cantik bernama Kalanchoe. Saya gak perlu lah ya cerita panjang lebar sejarah Kalanchoe ini karena bisa dicari sendiri di mbah gugel.


Oke, tanaman ini tergolong succulent ya. Dia gak terlalu repot perawatannya. Dan yang paling menarik apalagi kalau bukan bunganya yang super super cantik. Kecil kecil bergerombol dengan warna menarik banget. Daunnya besar untuk ukuran bunga bunganya yang kecil mini gitu. Daunnya agak kaku dan bertumpuk-tumpuk.

Pertama beli bunga ini waktu jalan jalan ke Splindid beli pot pot bunga. Tanya-tanya sama si penjual kesayangan dan akhirnya kepincut beli gara-gara bunganya yang soooo lovely. Gak ada baunya sih tapi cantik aja dilihat mata. Satu pot harganya Rp. 15.000 ampe Rp. 20.000. Padahal di tempal lain ada yg jual ampe Rp. 35.000. Beruntunglah saya kenal sama pemilik kios bunga yang satu ini yang selalu setia ngasih harga miring ke saya. Makasih ya buuuuukkkk...



Pertama saya beli 3 pot. Bunganya termasuk awet. Saya beli mulai masih banyak gerumbulan kuncup ampe mekar dan rontok itu bertahan 4 sampai 5 bulan. Keren ya.... lama mekarnya dan so pasti kebun juga lebih colorful hehehe...




Cara merawatnya:

Pertama:
Tanaman satu ini gak merepotkan sama sekali perawatannya. Pokoknya jangan sering disiram aja. Apalagi kalau nyiramnya ampe potnya penuh air, BIG NOOOO. Nyiram cukup seminggu sekali atau dua kali. Itupun nyiramnya jangan langsung kena daun dan bunga. Sama sekali gak boleh ya. Siram aja media tanamnya kalau udah kelihatan kering. Jangan biarkan lembab apalagi tergenang air karena batang kalanchoe bisa busuk.

Kedua:
Pupuk juga sama dengan tanaman lain. Saya sih biasa pake Gandasil B dan D dua minggu sekali. Yang enggak tahu apa itu gandasil B dan D boleh cek postingan sebelumnya.

Ketiga:
Nah untuk pencahayaan, si kalanchoe jangan kena sinar langsung. Boleh kena tapi pagi sejam dua jam aja. Setelahnya taruh di tempat teduh. Bisa jadi tanaman gantung, tempel di dinding (tentunya pake pot dan hiasan tempel dinding ya), bisa juga ditaruh di atas meja ruang tamu. Kalau kalanchoe udah berbunga terus udah layu tentu harus segera dipotong batangnya. Untuk merangsang biar cepat berbunga lagi, taruh kalanchoe di tempat redup. Paling tidak selama 14 jam sehari dia harus ditempat minim cahaya kalau ingin cepet berbunga lagi sih...





Kalau mau memperbanyak bisa juga loh...tapi yakinlah itu lamaaaaaa pake banget. Saya udah nyoba dan ini sebulan masih miniiiiii banget. Masih lama mau tumbuh daun gede apalagi bunga hihihi...tapi bisa dicoba cara stek pucuk ini karena mudah.

Kamu perlu :
Gunting
Tutup botol tak terpakai
Air dua atau 3 tetes
Penumbuh akar (disini saya pakai merek Rootone)
Pot berisi tanah subur dan sekam. bisa juga pakai sabut kelapa.

Nah setelahnya tinggal potong batang kalanchoe yang mau ditanam. Pilih yang ujung kalau bisa pilih yang batangnya cukup besar ya. Pastikan batangnya kering. Potong 7cm.

Oh ya jangan lupa sisakan satu daun saja biar si batang dan akar ada yang masakin (tanpa daun gak ada yang masak dan memberi nutrisi pada batang dan bakal akar nanti. Maklum gak ada warungnya. Duh ngomong apa sih?..ok fokus).

Setelah itu siapin bubuk rootone. Taruh di tutup botol campur dengan air setetes atau dua tetes. Aduk sampai teksturnya mirip pasta gigi.

Kalau udah siap, ujung bawah batang tanaman olesin pasta rotone. Tiup tiup biar agak kering lalu tancapkan pada media tanam.



Nah setelahnya bungkus si pot pakai plastik atau tas kresek dan taruh di tempat yang gak terkena sinar matahari langsung. Kalau bisa tempat redup. Siram seminggu sekali aja di media tanamnya.



Dan dalam 21 hari kemudian...muncullah si akar. Ini berarti stek siap dipindah ke pot lebih besar. Atau kalu emang di awal udah pakai pot besar ya udah gak usah dipindah. Tapi buka aja kreseknya. Nah ini selain akar, daunnya juga udah mulai banyak meski kecil kecil banget ya.


Ini yang udah 21 hari di kresek. Selama masuk kresek cuma dibuka 2 x aja waktu nyiram seminggu sekali
Ini yang mau dipindah setelah 21 hari, kelihatan akarnya udah keluar

Ini yang udah dipindahin


Untuk sampai daunnya besar butuh waktu lama kayaknya. Saya baru nyoba sebulan ini jadi belum tahu butuh berapa lama ampe daun besar dan berbunga.








Yang saya udah pernah dan berhasil ya numbuhin bunga baru dari kalanchoe yang beli jadi. hehehe...

Oke sekian infonya untuk si bunga kalanchoe. Semoga suka, dan selamat berkebun 😉


7 komentar:

  1. Kalanchoe kayanya lebih susah ngurusnya dibanding corbek biasa y mba? Kalo nyiram G boleh kena daun, bunganya..punyaku bunganya kering..daun pd kuning pdhl siram cm 1 minggu 1x...hadeuhh..

    BalasHapus
  2. Kalanchoe kayanya lebih susah ngurusnya dibanding corbek biasa y mba? Kalo nyiram G boleh kena daun, bunganya..punyaku bunganya kering..daun pd kuning pdhl siram cm 1 minggu 1x...hadeuhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bunga udah kering gak apa2 itu mungkij emang udah waktunya gugur. Ttep aja lakkuin perawatan biasanya. Lama emang mo numbuh bunga lagi kalo habis kering n gugur gitu (dg catatan daunya masih ijo seger n batang gak busuk y). Punyaku 3 bulanan baru tumbuh lagi kecil2 setelah gugur bunganya

      Hapus
  3. Oh ya mbak, untuk daun yg menguning lgsung dipetik dan buang aja biar gak mengganggu tumbuh kmbang bunga n daunnya. Semoga bisa tumbuh subur lagi ya kalanchoenya..☺

    BalasHapus
  4. Untuk membungakan kembali , biasanya butuh waktu berapa lama mbak ? Thankyou

    BalasHapus