Merawat Krisan

Hallo...

Seperti yang sudah saya janjikan hari ini mau bahas tentang krisan. Sebenarnya udah dari kemarin-kemarin mau bahas, tapi urung terus. Maksud saya mau nunggu krisan ampe mekar lagi eh ternyata lama pake banget. hihihi...




Krisan emang bunga yang cantik banget. Siapa sih yang gak tergoda ngeliat warna warni segar bunga satu ini. Baunya emang gak sewangi mawar, tapi warna dan bentuk aneka ragamnya itu yang bikin mata kesengsem. Disini saya akan bahas soal cara merawat yang sekedar saya tahu aja ya. Maklum lah kan bukan petani krisan hihihi, saya cuma punya beberapa pot krisan yang fungsinya sebagai penghias teras aja.

Dulu banget waktu rumah masih di Pasuruan pernah beli krisan. Ibu sih yang beli, saya mah nyomot aja sebatang dua batang punya ibu. Dan sukses mati setelah sebulanan. Mungkin gak tahan cuaca panasnya kali ya. Sejak itu kapoklah beli krisan. Dan dalam hati janji gak mau beli lagi. Sayang kan satu pot harga Rp. 25.000 sebulan kemudian wasalam.




Sampai pas akhirnya pindah ke Malang dan mulai menata taman. Waktu itu lagi kemaruk kemaruknya sama taman. Maunya semua bunga dibeli, maunya semua tanaman dipasang. Pokoknya impiannya tamannya penuh bunga dan cantik. Ihiks maklum ya dulu gak punya taman. Lagi suka banget belanja ke Splindid, ngeborong bunga dan tanaman ijo.





Terus ketemulah saya dengan si ibu langganan. Saya ditawarin krisan. Di tempat lain dijual Rp. 25.000, tapi si ibu ini jual ke saya Rp. 20.000 aja. Saya awalnya gak mau karena keinget krisan cepet mati. Tapi si ibu kemudian ngasih tips and trik, yaweslah saya kemakan rayuan gombalnya. hehehe...



Belilah saya 3 pot trus nambah lagi besoknya nambah lagi dan ampe 7 pot. Warnanya jangan ditanya deh cantik banget. Seger kalo pagi-pagi liatnya. Jadi spot foto juga karena seger pake banget.

Nah kan adek saya mejeng disitu


Nah sebulan awal merawat krisan sih aman dan tenang ya karena beli pas kuncup dan mekarnya pun lama. Nah memasuki pertengahan bulan kedua, barulah dia rewel. Mungkin faktor cuaca juga karena udah masuk musim kemarau. Trus ada juga yang terserang penyakit, jadi daunnya warna keperakan gitu trus ada kutu-kutu halus yang nempel di batang dan daun. Aaaaaarrrggghhhhhh!!! Bayangan buruk menghantui, waduh.. mati semua nih...






Tapi Alhamdulillah sih gak mati ya. Memasuki bulan ketiga dan keempat setelah dirawat intensif ala rumahan ya krisan udah mulai seger dan ngeluarin tunas tunas baru. Mungkin 2 bulan lagi juga udah kembali bermekaran. Ini karena tanda-tanda si kutu udah hilang, daunnya juga udah seger seger banget.

Nah tipsnya:

Cara menyiram
Usahakan menyiram si krisan bukan pada bunga batang dan daun. Siram aja medianya. Menyiramnya juga jangan terlalu banyak sebab batang bisa busuk kalau kebanyakan. Kalau cuaca lagi panas banget bisa  2 kali siram. Sementara kalau cuaca dingin sekali sehari aja cukup atau 2 hari sekali. Bisa pakai alat kayak di bawah ini biar nyiram bunganya gak kena bunga dan daunnya.



Suhu
Krisan ini betah hidup di suhu antara 17 derajat ampe 30 derajat saja. Jadi diatas suhu tersebut krisan akan cepat layu dan mati. Lebih baik menempatkan krisan di tempat yang gak terkena sinar matahari secara langsung. Bolehlah kena sinar matahari tapi sinar pagi aja sekitar 2 ampe 4 jam saja. Setelah itu jangan beri sinar matahari secara langsung.

Tanah
Pilih tanah yang subur untuk si krisan. Pilih yang memiliki drainase baik. Beli aja di kios bunga paling seplastik besar harganya 5 ribu aja. Tanah yang subur gembur dan bebas hama bisa bikin hidup krisan lebih awet.



Potong yang layu
Jangan ragu memotong bunga yang sudah mulai kelihatan layu. Jangan tunggu sampai layu betul. Langsung saja potong 2-3cm. Ini biar si bunga cepat numbuh lagi. Selain itu rajin-rajin membuangi daun bagian bawah yang sudah mulai terlihat layu. Ini agar nutrisi yang diserap batang bisa tersalurkan ke daun dan tunas bunga baru.



Perlu diketahui saat krisan sudah mulai layu, batang dan daun yang ada sudah tak begitu berfungsi. Sehingga lebih baik memotong habis batang dan menyisakannya sedikit. Begitu juga dengan daunnya. Buang saja daun yang lama dan sisakan sedikit. Miris memng melihatnya saat tak berbunga karena kelihatan tak subur dan tak segar karena belum ada bunga.

Pupuk
Untuk pupuknya bisa pakai Gandasil D. Tumbuhkan dulu daunnya biar lebat. Pakai pupuk ini 2 minggu sekali saja. Setelah daun banyak dan segar baru semprot dengan pupuk Gandasil B. Yang ini untuk merangsang tumbuhnya tunas bunga. Menyiram  dengan pupuk ini juga 2 minggu sekali. Bisa juga pakai NPK. Tapi si NPK ini pasnya kalau bunga sudah mulai tumbuh.





Berdasarkan pengalaman saya yang beli krisan di pot terus numbuhin ulang butuh sekitar 5 bulanan. Jadi awal beli sekitar Maret lalu. Si bunga mekar sampai awal Mei. Pertengahan Mei mulai layu dan dipangkasin biar cepet numbuh tunas baru. Bulan Juni masih dedaunan aja dan di akhir July ini sudah mulai banyak tunas tunas bunga dan daunnya udah mulai hijau seger-seger. Perkiraan sih Agustus kalau gak September besok udah mulai bermekaran lagi bunganya. Untuk sekarang masih kuncup-kuncup nih bunganya.




Oh ya, awalnya saya pernah mau nyoba ngembang biakin krisan dari bibit, ternyata susah dan butuh perawatan plus perhatian super ekstra. So, ambil praktisnya aja ya. Beli aja di toko bunga terus rawat deh hehehe...


Itu aja dari saya semoga bermanfaat ya infonya πŸ˜‰ Nantikan postingan besok, karena saya mau bahas cara merawat si mungil Kalanchoe. See ya..



5 komentar:

  1. Ijin simpan. Bunga krisannya cantik2 dan buat postingannya lengkap sperti ini,itu caranya. Makasih πŸ™ πŸ™

    BalasHapus
  2. Cara kasih pupuk gandasilnya bagaimana? Apakah di medianya juga?

    BalasHapus
  3. Articlenya bermanfaat. Ijin tanya. Pernah ada pengalaman kuncupnya layu sebelum mekar? Kalau pernah, boleh dishare dong cara mengatasinya. Terimakasih banyak.

    BalasHapus