Belajar Bahasa Asing I : Inggris

Hallo...

Ada yang suka belajar bahasa asing nggak? Buat saya belajar bahasa asing bisa jadi keasyikan tersendiri. Enggak tahu ini bisa dibilang hobby atau enggak tapi saya sangat enjoy mempelajari bahasa asing. Rasanya tergelitik untuk tahu lebih dalam mengenai suatu bahasa asing dan rela menghabiskan banyak waktu deh buat melajarinnya.


Tapi gak semua bahasa sih hanya beberapa bahasa yang berhasil bikin saya tertarik aja. Dan kali ini dari sekian bahasa yang saya pelajari saya mo cerita panjang soal belajar Bahasa Inggris sebelum nantinya saya cerita bahasa lain yang juga saya pelajari.



# Bahasa Inggris
Nah bahasa asing pertama yang saya pelajari adalah bahasa Inggris. Sejak kecil orang tua saya mengenalkan bahasa Inggris dimulai dengan abjad dan pengenalan diri. Selain itu orang tua juga sering muterin kaset bahasa Inggris conversation. Ada satu dus kaset New Ways to English lengkap dengan bukunya dan buku latihannya tapi orang tua seringnya muterin kasetnya doang dengan harapan saya jadi familiar dengan bahasanya. Dan ini berhasil bikin saya suka sama bahasanya plus suka nyanyiin lagu bahasa Inggris yang sering diputer ortu.

Tapi saya pernah sebel juga sama bahasa Inggris. Waktu itu kelas 5 SD awal saya belajar bahasa Inggris di sekolah (jaman dulu kls 5 baru ada B.Ing). Gurunya gak pake ngenalin abjad langsung aja disuruh nulis There is an apple atau I like to eat fried rice. Gurunya gak asyik marah marah mulu bisanya. Pokoknya bikin frustasi deh. Jangan heran kalo nilai ulangan pun paling bagus 60. Saya jadi sebel sama bahasa Inggris ini dan males mau belajar. Ada pe er pun sepupu yang ngerjain (Mbak Ike doomo arigatoo gozaimasu).

Di SMPnya saya ketemu bahasa Inggris lagi, dan diajarin sama Mr.Sindit. Saya langsung suka lagi sama bahasa Inggris. Masalahnya Mr. Sindit gak menekan kita untuk tahu grammar dll dulu, beliau ngenalin bahasa ini dg cara yang fun dan asyik. Bertahap dan gak langsung dicekokin grammar. Ada game dan song yang bikin enjoy dan saya jadi kembali suka bahasa Inggris. Saya pun ikutan les dan disana bakat Bhs.Inggris saya berkembang. Thank you so much Mr. Sindit and Mrs. Lilik also Mrs. Afida. Guru-guru di kursus Inggris yang ngajarin saya dari bikin kalimat, pidato, writing dalam bahasa Inggris sampai listening dan speaking juga.

Jaman SMP ini seneng banget nonton MTV music yang dibawain VJ UTT. Udah pembawa acaranya ganteng, musiknya asyik-asyik juga. Jaman itu favoritnya Westlife, NSync, Backstreet Boys, Britney Spears, Christina Aguilera, Gareth Gates, Linkin Park, dll. Nah saya suka koleksi kasetnya dan ikutan nyanyi untuk memfasihkan lidah hihihi.


Saking sukanya belajar bahasa Inggris ini saya pilih jurusan Bahasa waktu SMA. Sebodo amat dibilang kelas buangan (waktu itu peminat bahasa cuma sedikit jadi yang gak bisa masuk IPA dan IPS digabung sama anak bahasa. Walhasil peminat asli jurusan bahasa dan yang murni masuk bahasa terimbas dengan mereka yang gak berhasil masuk IPA IPS dan u knowlah bagaimana orang menjudge bahasa).

Saya mah cuek aja ya, karena tujuan saya adalah belajar bahasa Inggris selama dan sebanyak mungkin. Memilih jurusan bahasa juga sekalian menghindari pelajaran berhitung yang saya gak suka (read: Matematik, kimia, fisika) hihihi. Alhamdulillah ortu saya bukan ortu pemaksa yang berpikiran sempit ("kamu gak akan sukses n bisa kuliah kalo ambil jurusan bahasa"). Kayaknya di era saya itu kesannya kalo pilih jurusan bahasa bakal terpuruk masa depannya dan gak ada suksesnya.



Yaweslah terserah mereka mo bilang gimana-gimana ya. Yang jelas saya suka banget bahasa Inggris dan berniat harus bisa fasih bahasa Inggris karena itu saya butuh jam lebih untuk belajar ini dan itu saya dapat di kelas Bahasa.  Buktinya saya enjoy disana dan malah dapat pengalaman pertama baca novel bahasa Inggris pertama saya.

Makasih banget buat Mrs. Winarti yang sudah bikin saya harus baca novel sekaligus bolak balik buka kamus dan nemu vocab baru. Makasih juga buat Mrs. Emma yang selalu penuh semangat saat ngajar sampai yang diajar juga berkobar-kobar semangatnya. Dan terimakasih juga Mrs. Wulan yang sudah super sabar dan santai kala mengajar saya yang hobi kabur ke kopsis kalo tugas udah selesai duluan hihihi...

Kuliah saya juga ambil jurusan Bahasa Inggris. Waktu kuliah masih inget banget sempat jadi English Broadcaster dan dapat banyak pengalaman. Bahasa Inggris ini juga bikin saya dapat duit waktu kuliah dengan jadi freelancer blog writing in english.  Selain itu Bahasa Inggris juga yang bikin saya bisa buka jasa kursus privat dan ngasilin duit untuk kehidupan sehari-hari di awal jaman nikah dulu. Bahasa Inggris juga berjasa menghubungkan saya dengan teman-teman di IBTimes dan BP-Guide sekarang ini. So, I got so many advantages by learning English.



Sampai sekarang pun saya masih belajar bahasa Inggris. Cuma sekarang belajarnya sendiri ya, udah mulai ngebedain dikit-dikit antara American English dan British English. Kalau saya biasanya untuk Listening suka download audiobook yang panjangnya 2-4jam di Youtube dan dengerin lagu bahasa Inggris. Didengerin sambil masak ato sambil nyantai ato pas mau tidur. Suka juga ngikutin Vlognya English with Lucy (Lucy ini British English Speaker) dan topik bahasannya selalu menarik. Nonton drama atau sitkom Bahasa Inggris juga sangat negbantu Listening saya loh.

Untuk urusan Reading saya masih setia baca PDF novel gratisan dan news di google. Kalo Speaking dan Writing saya biasanya make friend dari sosial media macam FB dan chat lewat messanger. Untuk belajar vocab saya banyak ngerjain latihan di PDF yang saya download. Pronunciationnya saya belajar dari vlog Youtube dan juga lagu sama film. Kalau pgn logat khas British bisa niruin yang di film Harry Potter hihihi...



Yang paling saya pengen sekarang adalah banyak ngobrol pake bahasa Inggris. Tapi susah banget nemu temen yang mau panjang lebar ngobrol. Temennya sih ada tapi kadang terlalu sibuk dg keseharian jadi kadang chat sekarang dibalesin malem kan rada lambreta ya. Ngajak ngobrol suami ya mood-mood an dianya. Temen dari luar juga ada sih, Ada dari filipina, australia, india, afrika dan california. Tapi suka sungkan aja kalo tiap hari ngajakin ngobrol hanya untuk ngasah kemampuan speaking saya hihihi takutnya mereka terganggu sama saya. Sebenarnya yang pengen sih nambah teman dari luar (kan bosen ya kalo temennya itu-itu aja karena kalo ngobrol bingung mo bahas apalagi hihihi). Sangat pengen juga ada temen yang bersedia ngechat dalam bahasa Inggris, gpp deh meski amburadul yang penting bahasa inggrisnya kepake daripada dianggurin hehehe...

Nah buat yang mau belajar bahasa Inggris hayuk atuh mulai sekarang aja gak ada kata terlambat buat belajar. Suami saya aja sekarang giat lagi berbahasa Inggris meski dulu gak bisa-bisa amat. Tapi saya salut dia kalo berjuang gak setengah-setengah, sekarang udah mulai naik lah levelnya hihihi...



Tips saya buat belajar bahasa Inggris yang utama adalah niat yang kenceng. Kalo niat dan keteguhan hati goyah, ya gak akan bisa.

1. Banyakin vocab (bisa dari buku, lagu atau film)
2. Rajin denger lagu bahasa Inggris/ audiobook bahasa Inggris
3. Nonton film tanpa teks
4. Rajin Speaking english sama siapapun yang mau belajar juga
5. Hilangkan malu karena salah grammar( salah itu wajar wong namanya belajar)
6. Baca berita ato novel ato cerpen (mulailah dengan novel atau cerpen bahasa yang ringan tingkat elementary)
7. Pakai aplikasi belajar bahasa kayak DuoLingo dan Memrise.
8. Coba berteman dengan Native speaker
9. Be creative ( bikin kartu vocab atau download permainan ular tangga bhs inggris or any game yang bisa bikin kamu terus belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan)
10. Ngobrol pake bahasa Inggris dengan saya yuk hehehehe...

Next post, saya mo bahas tentang bahasa lainnya lagi  yang ampe sekarang masih saya pelajari..


9 komentar:

  1. Kami CV BAHAGIA SUKSES MAKMUR menjual rumah murah di Citra Maja Raya,
    Di Cluster spring wood dipasarkan dengan harga terjangkau mulai Rp 160 Juta (All In),
    Rumah dengan harga terjangkau ini memiliki sistem cluster yaitu pengembangan kawasan berbasis kepada sistem transportasi massal, didukung dan sudah dilengkapi dekat dan fasilitas dengan:
    1. Stasiun KRL MAJA
    2. Keamaan 24 Jam
    3. Daerah bebas covid
    4. Daerah bebas kota
    5. Daerah bebas banjir

    Ukuran Rumah LT 72/LB36 dan tersedia Kamar Mandi 1, Kamar tidur 2.
    dek
    Segera dapatkan Unit rumah terbaik untuk anda.
    SEGERA HUB ADMIN: 081318601317/081316140397

    https://jualsewapropertymurah.blogspot.com/
    https://twitter.com/bsmpropertytng
    https://www.facebook.com/Properti-tangerang-110156497801428
    https://www.instagram.com/sewapropertymurah/
    https://bsmpropertytng.wordpress.com

    #dijualrumahtangerang #dijualrumahkosong #dijualtanahmurah #jualtanahtangerang

    BalasHapus
  2. https://dewibsmproperty.blogspot.com/
    https://www.facebook.com/bsm.property.77
    https://www.instagram.com/dewi.bsmproperty/
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads
    https://www.linkedin.com/in/bsm-property-dewi-b67112209/
    http://iklanmart.com/iklan/jual-rumah-murah-jauh-dari-pusat-kota-tangerang-081977000899-dewi.html
    https://sites.google.com/d/11AIDNcnPl9snxZGYdYS0RtKFDmfK8bYY/p/1Gzo7UhVzqGQST9TVAxrJzH1gmM_xa7BJ/edit
    https://bsmpropertyjakarta.wordpress.com/2021/05/10/du-jual-tanah-kosong-dari-tangan-pertama-tangerang-081977000899-dewi/
    https://id.pinterest.com/dewibsmproperty/_saved/

    BalasHapus
  3. https://www.facebook.com/bsmproperty.tangerangdewi/
    https://twitter.com/BsmDewi
    https://www.instagram.com/dewi.bsmproperty/
    https://seller.tokopedia.com/manage-product
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads
    https://id.pinterest.com/partisir8dewi/_saved/
    https://sewapartisir8jabodetabek.blogspot.com/
    https://bsmpropertyjakarta.wordpress.com/2021/05/19/jual-partisi-r8-untuk-di-jadiakan-panel-photo-surabaya-081977000899-dewi/
    https://sites.google.com/view/partisi-r8-untuk-panel-photo/halaman-muka?authuser=2

    BalasHapus

  4. Britania Bekasi Hunian gaya Eropa harga 200jutaan
    Harga cash keras Rp 298 juta
    bebas banjir
    Rumah full bata merah Double dinding telah sold 800 unit
    Terdapat kolam ,taman dan joging track Free Biaya BPHTB,AJB,IMB.Listrik dan subsidi KPR 12-24,5jta

    Dp 17 Jutaan
    Cicilan 3juta /bulan
    Dp bisa dicicil selama 6-12 x

    KPR available :
    BRI,BTB,BSI,BNI

    Hubungi untuk survey Lokasi
    Ayu 081318601317

    #rumahmewah #britaniabekasi #hargarumahbekasi #rumahmurahdibekasi #propertybekasi #hargapropertybekasi #jualrumahtangerang

    Britania Bekasi merupakan proyek perumahan yang dikembangkan oleh Mas Group. Britania Bekasi mengusung konsep hunian bergaya Eropa dengan fasilitas yang mewah dikelasnya dan juga kualitas bangunan terbaik.

    Fasilitas :
    - Club House
    - Swimming Pool
    - Jooging Track Area dan 50% ruang terbuka hijau
    - Stasiun Commuter Line Tambun dan Akses Toll Jorr 2
    - 10 menit ke Stasiun Commuter Line Tambun
    - 5 menit ke Exit Toll Jorr 2
    - 30 menit ke Mall Summarecon Bekasi
    - Dekat dengan banyak Fasilitas Rumah Sakit dan Sekolah.



    https://bsmpropertytangerang.blogspot.com/
    https://twitter.com/PropertyTng
    https://www.instagram.com/sewapropertymurah/
    https://www.facebook.com/Properti-tangerang-110156497801428
    https://www.youtube.com/watch?v=sr1QbOxkmfE

    BalasHapus
  5. Sejak kecil saya sudah ikut kursus bahasa inggris jadi ga terlalu asing kalau di sekolah dapat pelajaran Bahasa Inggris.

    BalasHapus


  6. KAMI MENJUAL DAN MENYEWAKAN BERBAGAI MACAM PARTISI R8 DIANTARANYA:
    1. Pembuatan Stand Pameran
    2. Pembuatan Fitting room r8
    3. Pembuatan Ruang Vaksin,bilik vaksinasi 2x2 bilik vaksinasi 2x3 bilik vaksinasi 3x3
    4. Pembuatan Kamar UGD PORTABLE
    5. Pembuatan Panel Photo,sketsel photo
    6. Pembuatan Sekat Ruangan,sekat kantor,sekat pembatas
    7. Pembuatan Stand Bazaar dll

    Call/wa: 081318601317


    Bilik Vaksinasi 2x2,bilik vaksinasi 2x3,bilik vaksinasi 3x3,sekat ruangan pembatas rumah sakit,sekat rumah sakit,sekat kantor,sekat partisi r8,partisi ruangan,harga partisi ruangan,harga bilik vaksinasi 2x2,harga bilik vaksinasi 2x3,harga bilik vaksinasi 3x3
    Harga bilik vaksinasi Rp 1.000.000/m
    Harga bilik vaksinasi 2x2 Rp 8.000.000
    Harga bilik vaksinasi 2x3 Rp 10.000.000
    Harga bilik vaksinasi 3x3 Rp 12.000.000


    https://www.jualbackdrop.com/
    https://www.cvbahagiasuksesmakmur.com/
    https://www.youtube.com/watch?v=M_QVlp3aCvM
    https://www.youtube.com/watch?v=JTp5r-Ja2ZA
    https://twitter.com/PartisiJakarta
    https://sites.google.com/view/bilikvaksinasijakarta
    https://id.pinterest.com/partisipameranjakarta/
    https://www.facebook.com/partisipameranku
    https://www.facebook.com/partisipameranjakarta
    https://www.facebook.com/partisipameranbandung
    https://id.pinterest.com/partisipameranjakarta/bilik-vaksinasi-ruang-vaksinasi/
    https://www.jualbackdrop.com/2020/09/jual-sekat-partisi-r8-jakarta.html
    https://www.bukalapak.com/u/nahdaayu
    https://www.tokopedia.com/nahdaayu/sekat-ruangan-partisi-ruangan-sekat-kantor-partisi-kantor
    https://twitter.com/PartisiJakarta
    https://www.instagram.com/getshuashita/
    https://www.tokopedia.com/pameranmurah1/jual-panel-photo-partisi-pameran
    https://id.pinterest.com/partisipameranjakarta/jual-panel-photo-jakarta/
    https://id.pinterest.com/bahagiasuksesmakmur
    https://www.youtube.com/watch?v=W7VOsDqeEIA
    https://www.youtube.com/watch?v=zgg5sqJrS5Q
    http://partisipamerantasikmalaya.blogspot.com/2018/01/sewa-dan-jual-panel-photo.html
    http://partisimurahtangerang.blogspot.com/2018/01/sewa-dan-jual-panel-photo.html
    http://partisipamerangraserang.blogspot.com/2018/02/sewa-dan-jual-panel-photo.html?m=1
    https://jualsewapanelphotojakarta.blogspot.com/
    https://id.pinterest.com/pin/806848089489613302
    https://www.bukalapak.com/u/nahdaayu
    https://www.youtube.com/watch?v=4T8LJ4-WbXs
    https://twitter.com/BahagiaCv
    https://www.facebook.com/CVBahagia-Sukses-Makmur-101175225182298

    BalasHapus


  7. KAMI MENJUAL DAN MENYEWAKAN BERBAGAI MACAM PARTISI R8 DIANTARANYA:
    1. Pembuatan Ruang Vaksin,bilik vaksinasi 2x2 bilik vaksinasi 2x3 bilik vaksinasi 3x3,sekat rumah sakit
    2. Pembuatan Fitting room r8
    3. Pembuatan Stand R8
    4. Pembuatan Kamar UGD PORTABLE
    5. Pembuatan Panel Photo,sketsel photo
    6. Pembuatan Sekat Ruangan,sekat kantor,sekat pembatas
    7. Pembuatan Stand Bazaar ,tenda vaksinasi dll

    Call/wa: 081318601317

    Bilik Vaksinasi 2x2,bilik vaksinasi 2x3,bilik vaksinasi 3x3,sekat ruangan pembatas rumah sakit,sekat rumah sakit,sekat kantor,sekat partisi r8,partisi ruangan,harga partisi ruangan,harga bilik vaksinasi 2x2,harga bilik vaksinasi 2x3,harga bilik vaksinasi 3x3
    Harga bilik vaksinasi Rp 1.000.000/m
    Harga bilik vaksinasi 2x2 Rp 8.000.000
    Harga bilik vaksinasi 2x3 Rp 10.000.000
    Harga bilik vaksinasi 3x3 Rp 12.000.000


    https://www.cvbahagiasuksesmakmur.com/
    https://www.youtube.com/watch?v=l5tuORyHN98
    https://www.youtube.com/watch?v=7ILROPcyZZE
    https://www.youtube.com/watch?v=jBZihgYqplY
    https://www.jualbackdrop.com/
    https://www.cvbahagiasuksesmakmur.com/
    https://www.youtube.com/watch?v=M_QVlp3aCvM
    https://www.youtube.com/watch?v=JTp5r-Ja2ZA
    https://twitter.com/PartisiJakarta
    https://sites.google.com/view/bilikvaksinasijakarta
    https://id.pinterest.com/partisipameranjakarta/
    https://www.facebook.com/partisipameranku
    https://www.facebook.com/partisipameranjakarta
    https://www.facebook.com/partisipameranbandung
    https://id.pinterest.com/partisipameranjakarta/bilik-vaksinasi-ruang-vaksinasi/
    https://www.jualbackdrop.com/2020/09/jual-sekat-partisi-r8-jakarta.html
    https://www.bukalapak.com/u/nahdaayu
    https://www.tokopedia.com/nahdaayu/sekat-ruangan-partisi-ruangan-sekat-kantor-partisi-kantor
    https://twitter.com/PartisiJakarta
    https://www.instagram.com/getshuashita/
    https://www.tokopedia.com/pameranmurah1/jual-panel-photo-partisi-pameran
    https://id.pinterest.com/partisipameranjakarta/jual-panel-photo-jakarta/
    https://id.pinterest.com/bahagiasuksesmakmur
    https://www.youtube.com/watch?v=W7VOsDqeEIA
    https://www.youtube.com/watch?v=zgg5sqJrS5Q
    http://partisipamerantasikmalaya.blogspot.com/2018/01/sewa-dan-jual-panel-photo.html
    http://partisimurahtangerang.blogspot.com/2018/01/sewa-dan-jual-panel-photo.html
    http://partisipamerangraserang.blogspot.com/2018/02/sewa-dan-jual-panel-photo.html?m=1
    https://jualsewapanelphotojakarta.blogspot.com/
    https://id.pinterest.com/pin/806848089489613302
    https://www.bukalapak.com/u/nahdaayu
    https://www.youtube.com/watch?v=4T8LJ4-WbXs
    https://twitter.com/BahagiaCv
    https://www.facebook.com/CVBahagia-Sukses-Makmur-101175225182298



    BalasHapus
  8. Kami CV Bahagia sukses makmur bergerak dibidang kontraktor partisi r8. Menjual dan menyewakan berbagai kebutuhan partisi r8 seperti stand r8, stand pameran, panel photo, backdrop, fitting room, ticket box, meja r8, gate, flooring, material partisi r8 seperti beam, post, partisi laminasi/triplek laminasi, klik, kunci L, dll.

    Salah satunya kami menjual dan menyewakan fitting room atau bilik vaksinasi yang biasanya digunakan untuk ruang MCU, ruang vaksinasi, dll Tersedia ukuran 2x2, 2x3, 3x3, 3x4, 3x5, dsb. dengan tinggi 2,5m. Tersedia menggunakan pintu slide dan pintu gorden.

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi :
    Telp/WA : 0811 1252 0806
    Office : Ruko Cendana Raya No.15A Bencongan Indah Karawaci Tangerang


    https://partisijakarta2002.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Kami menerima jasa pembuatan blower centrifugal atau biasa disebut dengan blower keong yang memiiki fungsi untuk hembus dan hisap suatu ruangan, blower centrifugal biasa digunakan untuk tempat perIndustrian, Pabrik obat, rumah sakit dan untuk tempat yang memiliki suhu yang sangat tinggi. Kami pastikan setiap costumer menerima pelayanan yang baik dan mendapatkan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang sangat terjangkau.


    Kantor Pemasaran:
    08131640397
    Kantor Pusat :
    Jl. Cendana raya no 15 bencongan indah karawaci tangerang



    https://jualblowerjakarta12.blogspot.com/
    https://medium.com/@jualblowertangerang/

    BalasHapus