Belajar Bahasa Asing II: Jepang

Halo...



Seperti yang dijanjikan di pos sebelumnya tentang belajar bahasa asing I, saya kali ini masih bakal ngomongin bahasa asing yang saya pelajari. Ya, bicara soal bahasa asing, rasanya asyik aja untuk mengerti bahasa lain dari yang biasa kita pakai. Mempelajari bahasa lain bisa bikin kita memandang dunia dengan cara berbeda, ceilahhh bahasanyaa....



Asyiknya lagi kalau ada teman yang diajak ngobrol bisa bahasa asing itu juga. Kan seru ya bisa ngegosip pakai bahasa asing (lhoh lhoh kok gosipp...naudzubilah jangan sampai ya). Bahasa asing ini seru dipakai kalau pas misalnya lagi nawar baju (lhoh kok?) Iya, misalnya nih saya sama suami lagi di toko baju (FYI, saya n suami sebel banget kalo dikuntit melulu sama shop keepernya, Mungkin niatnya baik ya mo selalu ada saat customer butuh, tapi yang ada saya dan suami malah risih diliatin). Oke kembali ke ceritanya, misalnya lagi milih baju trus gak cocok ato harganya kemahalan. Nah biar si shop keeper gak ngerti apa yg kita debatin misal ttg harganya kemahalan ato modelnya jelek, pakai deh bahasa asing antara saya dan suami. hihihihi....

Kalo bahasa Inggris sih kemungkinan udah banyak yang ngerti ya, nah pakai deh bahasa asing selain inggris, bahasa jepang misalnya hehehe...Yaweslah itu sedikit intermezo. Tapi kok nyampe separagraph ya intermezzonya hahahahah...

#Bahasa Jepang
Hap oke, kembali ke bahasa asing. Bahasa selanjutnya yang saya sukai dan pelajari adalah bahasa Jepang. Kenapa bahasa Jepang karena bahasa ini bahasanya nenek saya hihihihi... Bukaaaan nenek saya asli wong Jowo kok, tapi bahasa Jepangnya pinter hihihi... Almarhumah nenek ini dulu suka cerita kalo jamannya kecil suka ngomong sama tentara Jepang. Beliau hidup di jaman Indonesia dijajah Jepang jadi kalo pas main petak umpet sama temannya trus ketemu tentara Jepang suka diajak ngobrol. Kalo bisa bahasa Jepang biasanya suka dikasih duit sama tentaranya hihhi..itu kata almarhumah si mbah ya...Selain bisa bahasa Jepang si mbah ini fasih banget kalo suruh nyanyi lagu bahasa Jepang hohohoho...



Oke lain dari itu yang memotivasi saya adalah film dan anime Jepang. Ditambah lagi pas SMA masuk jurusan bahasa itu pilihan bahasa asing lainnya adalah Jepang. Makin cintalah saya sama bahasa satu ini. Pertama belajar huruf-hurufnya yang beraneka ragam dari hiragana, katakana dan Kanji. Tapi kalo huruf kanji mah banyak ya, gak bisa cling langsung apal semuanya, bertahap aja. Yang wajib hapal tuh hiragana dan katakana.



Ngapalin hurufnya biasa pake flash card, bisa juga dengan latihan baca. Latihan bacanya dimana? ya kalo jaman SMA dulu ya buku paketnya itu yang dibaca. Kalo sekarang mah udah bisa lewat aplikasi ya. Selain itu pas SMA ini belajar bahasa Jepangnya juga fun aja, saya ampe belain les ke Bangil loh, hhihi jauh ya..habis rumah sensei saya di Bangil sih.

Selain les, saya juga mulai nyari-nyari lagu bahasa jepang. Lewat lagu ini bisa banyak banget yang dipelajarin dari vocab, cara baca(kalau teks lagunya pakai huruf hira dan kata), dan pronunciation yang bener. Sebenarnya pas SMA itu suka sama bahasa Jepangnya levelnya belum secinta kayak ke bahasa Inggris. Mungkin karena saya masih dalam tahap meraba dan mencoba mengerti kali ya. hehehe...

Pas kuliah, saya mulai lebih giat pengen belajar bahasa Jepang. Mo les tapi udah gak dibolehin sama ortu, yawes otodidak. Dan kenallah saya sama seseorang yang baek hati banget bernama Mas Alfan. Kenal lewat FB yang ternyata rumahnya dia juga gak jauh amat dari rumah saya. Mas Alfan ini baek banget loh dia hobi nonton dan koleksi dorama Jepang. Koleksinya seabrek-abrek. Wah mata saya langsung ijo dong, yaweslah ngopi sebanyak-banyaknya. Mas ini kuliahnya di Surabaya jadi kalo dia pas pulang kampung dan bawa banyak drama sayalah yang langsung ngemis minta ngopi drama hihihi...Makasih banyak loh mas Alfan...sumbangsihmu sangat membantu..



Belajar bahasa Jepang saya lewat anime dan dorama rupanya lebih efektif ketimbang dengan duduk belajar dari buku. Kayaknya lebih nyantol aja ke otak mulai dari logat Jepangnya ampe kata-kata slank-nya. Yang paling banyak ngaruh sih dari dorama (untuk genre comedy, detective dan thriller). Anime juga banyak ngaruh sih terutama bahasa slank-nya hihihi. Adek tersayang saya si Rama juga dikit-dikit mulai pakai bahasa Jepang kalo sama saya. Ya gak sekalimat juga kali..yang sepatah dua patah kata aja dia bisa (ini bukan karena buku, dia full kebanyakan nonton anime hihihihi akhirnya terbawa deh tuh ngomongnya).

Nah cara lain saya untuk belajar bahasa Jepang adalah dengan pakai PDF yang saya download gratis. Ada aneka buku gratisan isi vocab hingga sapaan dan kalimat rumit untuk belajar bahasa Jepang. Ini juga ngebantu banget utamanya kalo mau belajar nulis ya. Pernah juga saya hunting manga Jepang di Wilis Malang. Harga manga berbahasa Jepang ini murah banget loh... cuma 2500 hihihi (itu jaman saya kuliah yaaa).




Untuk teman bicara bahasa Jepang ampe sekarang saya cuma punya satu teman asing. Dia blasteran Jepang California tapi ya lumayanlah buat latihan hihihi. Jadi untuk sisi speaking Jepang ini saya sangat kurang. Kalo listening sih udah lumayan, misal nonton anime gak pake teks, udah ngerti sedikit banyak yang diomongin itu apa maksudnya apa dll karena ketolong juga sama visual kali ye..



Lainnya yang bisa bantu saya belajar bahasa Jepang adalah aplikasi DuoLingo. Ini aplikasi ngebantu banget mengasah memori saya tentang pelajaran bahasa Jepang jaman SMA. hihihi...Selain itu ngingetin juga huruf dan cara baca yang benar.



Ampe sekarang saya masih seneng banget belajar bahasa jepang, misalnya diantara kalian ada yang jadi guru bahasa Jepang ato ada yang belajar bahasa jepang juga saya mau loh diajarin hihihi...gratisan tapi ya...lewat online aja hehehe....

Sekian untuk postingan ini, lanjut ke next post ya...


2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum... Aku juga suka nonton anime ato dorama. denger mereka ngobrol suka loh. Imut2 gimana gitu. Tapi masih butuh subtitle banget... Bisanya cuma arigatou doang. ��
    Eh, btw, curhatannya peyan loh selalu seru.... Berfaedah jugalah buat aku. Arigatou, Sering2lah..

    BalasHapus
  2. Yuk ahh blajar jepang bareng hihihi...besok aku lanjut nih pos bhs perancis n korea

    BalasHapus