Kenapa jadi Gak Aktif Nulis Blog???

Haloo...

Deuh kangen banget sudah lama gak nulis nulis ya. Bukannya gak punya bahan tulisan sih, di draft udah banyak banget yang mau dipublish. Kadang ampe basi ceritanya saking lamanya gak dipost hihihi...



Sering banget emang kalo nemu ide langsung pegang smartphone dan ketik-ketik ketik trus berujung save di draft. Harapannya ketika kerjaan udah kelar maka simpenan di draft bakal dibuka lagi trus diedit dipermanis pake gambar dkk baru di post. Yah tapi apalah daya ya, biasanya habis kerja udah macam bosen aja liat layar lepi. Kesannya gak tega make si lepi lama2 ntar si lepi panas n pusing kan berabe gak ada apotiknya ini hehehe...



Blog ini sebenarnya udah kayak diary pribadi ya, apa yang menarik pengennya saya ceritain aja semuanya. Blog ini sangat praktis ketimbang kebiasaan nulis buku diary manual, tapi ya itu tadi entahlah kayak banyak banget godaannya buat mulai nulis dan publish. Untuk itu pada tulisan kali ini saya pengen banget mengurai apa saja sih yang bikin saya jadi gak rajin nulis di blog? Yuk ditelaah bareng-bareng penyebab terbengkalainya blog saya (ceilah ditelaah...emang sapa yang mau neliti segitu seriusnya sih??)

# "Nulis habis kerjaan beres dong."
Habis kerja pengennya udah lari aja ke belakang (bukan WC), pengen cepet ngacir buka kulkas nguprek di dapur. Pengen bikin sesuatu ato masak sesuatu biar ntar suami pulang bisa langsung makan.

# "Lhah tadi pagi emang gak masak?",
gini ya...saya tuh kalo pagi kagak pernah masak. Masaknya malem mo tidur, masakannya masukin kulkas, jadi besok paginya tinggal angetin dan siap dibawa suami buat bekal kerjanya hehehe..Jadi masak untuk makan dirumah ya ntar habis kerja.

# "Lhah kan kerjanya nyantai bisa jam berapa aja, trus kenapa gak nulis blog?",
hehehe..jawaban saya adalah karena saya paling gak demen nunda kerjaan. Iya emang sih kerjanya bebas jam berapa, tapi rasanya gak mood mau ngapa-ngapain yang bebas dan nyantai tanpa tekanan sebelum kerjaan beres. Ketika kerjaan beres nah disitulah deh baru saya ngerasa tenang mo jejingkrakan juga.

Sebenarnya kerjaan saya nulis bisa kelar dalam waktu 3-5 jam aja. Tapiiiiiii selalu ada saja godaannya, mulai dari ibuk tukang sayur yang lewat dan memanggil dengan sejuta rayuannya sampai kebun yang kalo agak siang dikit udah gak tega banget liatnya, kayaknya mereka teriak-teriak "mbakkk air donggg lempeng banget nih tenggorokan..." nah kan saya sebagai sesama makhluk Allah gak tegaan ya..yawes akhirnya kerjaan ditinggal dulu nyiram bentar doang.



Dan begitulah, pengennya kerjaan beres baru nyelesein apa yang harus dikerjain seperti masak, nyiram dll. Tapi apa daya, kalau ibuk tukang sayur udah manggil pasti banyak nyantolnya. Pertama nyantol nawar-nawar belanja paling lama 15 menitan lah ya. Trus masuk ke dalam rumah naruh belanjaan kelihatan sayur dkk, yawes motongin sayur bentar. Balik kerja depan lepi trus ngeliat kebun kok matahari terik kali, yaweslah nyiram dulu. Pas nyiram kelihatan bunga ada yang layu waktunya pangkas, yawes mangkas dulu. Kelihatan kutu putih, yawes mitesin kutu bunga dulu. Eh... ada rumput liar yawes njabutin rumput liar dulu. Lhah..akhirnya kerjaan nyiram yang rencana cuman 10 menit beres jadi sejam sendiri beresnya. Setelah sadar baru masuk rumah lanjut kerjaan di lepi lagi hihihi...

Kurang disiplin banget ya sayanya...harusnya tahan godaan. Habis blanja masukin sayur ke kulkas yawes nulis lagi ampe kelar baru deh nyiram dll. Tapi ya gimana ya di pikiran tuh kayaknya gini, "yaudah motongin sayur aja bentar, enak ntar masak tinggal masuk-masukin doang gak usah potong-potong lagi". "yaudah nyiram aja dulu sana, kasihan tuh bunganya cuma 10 menit doang ini nyiram". And..you know the rest of the story...

# "Okelah..paling molor gegera ini itu kan kerjaan bisa beres jam 2 siang, suami pulang jam 4 sore, masih banyak waktu ini buat nulis blog"
Pada kenyataannya usai jam 2 itu kadang mata lelah dan kepala pusing. Kadang suka rebahan bentar buat ngelegain punggung, ngulet-ulet gaya ulet bentar. Habis itu godaan lain muncul...""pegang hape". U know lah ya, kalau udah pegang hape yang dibuka paling sosmed. Belum lagi kalo tetiba tergelitik pengen buka berita, baca berita satu nyalur ke yang lain gak terasa udah sejam aja.

Kadang kalo gak buka sosmed suka main "Duolingo" (ntar next post ceritain ttg duolingo ini ya). Kalo udah main ini udah deh gak kerasa sejam aja lewat. Abis gitu uda ashar aja. Habis ashar waktu nguprek dapur trus beberes mandi dll duduk manis anteng nunggu suami pulang.



# "Kenapa gak nulis pas weekend?"
Sabtu Minggu adalah waktu yang sacred banget buat saya dan suami. Pagi itu waktunya jogging bareng. Trus belanja ke pasar karena nunggu si ibuk belanja (read: MLIJO) gak mungkin banget (orangnya baru nongol jam 11 siang). Habis belanja, saya masak dan suami nyuci (of course pake mesin cuci ya, kalo ngucek pasti saya yang ngucek). Setelah semua beres baru deh mandi terus makan.

Setelahnya adalah our free time. Iya waktu bebas banget. Waktu berleyeh-leyeh dan merasa bebas ngelakuian apa aja yang disuka mulai dari nge-game di lepi seharian, baca novel seabrek-abrek, marathon nonton drama ato jalan-jalan tanpa gangguan kerjaan dan ini itu.

Jujur saya dan suami sangat menantikan weekend ini karena dua hari ini bisa puas ketemu ngobrol interaksi lama. Rasanya seperti bebas dri rutinitas yang biasanya bangun jam 3 pagi langsung sibuk dengan ini itu dan kerjaan seabrek dan ketemu cuma pagi pas bangun dan langsung sibuk plus sore cuma bentar dan udah bedtime aja.

Weekend kita bisa nyantai dari pagi ampe malam bareng terus (ceileee..) rasanya kangen seminggu sibuk itu bisa terobati kalo weekend ini. Mungkin ada yang mikir saya lebay kali ya karena ada orang yang pisah jauh dari suaminya gegara kerjaan aja gak segininya hehehe..Ya terserahlah mo nilai gimana, tapi faktanya saya dan suami tuh emang gitu suka kangen meski tiap harinya ketemu dan ngerasa kurang karena tiap hari ketemunya bentar doang. Weekend adalah saat romantis-romantisannya kita berdua.

Refreshingnya kita ya weekend ini, makanya kadang paling males pake banget kalo ada kerjaan ndadak atau acara ndadak weekend. Bayangin aja seminggu udah nunggu waktu santai tiba-tiba pas hari H si suami harus masuk ato saya yang harus lembur. Itu termasuk juga kalo mo nulis2 blog. Rasanya nulis blog weekend itu kayak gantinya kerja, iya kan kerjaan nulis, ngblog juga nulis kan jdi berasa kerja hihihi...jadi saya pun gak nulis dan lebih milih marathon drama ato ngegame (ini mah males doang kali ya hihihi).



# "Nulis blognya anggep aja kayak kerja (kerja kan butuh, jadi kalo blog dianggep kerja berarti kan butuh dilakuin rutin)"
Yang ini nggak ngefek ya. Pertama emang saya mikir, yaweslah anggep aja kerja, tapi ada aja setan hati yang bilang, 'cih, beda dong, ini gak dibayar' huahahahahha...Dan robohlah pertahanan saya. Dengan punggung lelah seharian nulis trus riwa riwi kerjaan rumah dll setelah kerja emang asyiknya nyantai. Nulis blog ntar aja kalo ada waktu senggang yang pas kerjaan lagi gak banyak. hihiihi

Oke setelah menelaah sebab musabab kenapa saya gak rajin ngeblog terjawablah sudah bahwa alasannya adalah malas. Padahal kalo disempil-sempilin mah masih cukup kok nulis blog apalagi sekedar ngedit doang draft yang udah ada. hihihi...



Pesan untuk diri saya sendiri dan buat kamu yang gak rajin nulis blog, ayok deh sama-sama ngingetin untuk rajin nulis. Biar kualitas tulisan makin oke gak amburadul dan gak sekedar nulis aja. Biar tulisannya jadi bermutu (duh tinggi amat cita-citaku ya..) dan bermanfaat bagi khalayak ramai (suit suit...). Mulai sekarang tetapkan waktu untuk blogging sendiri. Sisipin di sela-sela jadwal (semoga bisa, amiin).

Sekian curhat saya kali ini...besok udah ada draft yang siap diedit dan di publish lagi, nantikan tulisannya besok ya...

1 komentar:

  1. Aiiih, setuju banget, Mbak. Emang butuh didisplinin acara ngeblognya. Kaalo aku sih keseringan cengo pas lagi ngetik2. Alhasil nggak nyambung yang ditulis apaan. Berlanjut ke males. Ya ampun, males itu rumahnya dimana sih, pengin tak pulangin. 🙅
    -ku tunggu tulisan selanjutnya, yay-

    BalasHapus