Atasi Kulit Kering Yuk!

Halo...



Siapa sih yang gak sebel saat kulit tiba-tiba terdeteksi kering dan kusam? Kulit kering ini biasanya terjadi saat perubahan cuaca ekstrim. Bisa dari cuaca yang tadinya dingin tiba-tiba ganti panas dan berangin atau bisa juga karena cuaca yang panas tiba-tiba berubah dingin. Nah biar kulit tetap pada kelambaban alaminya apa aja nih yang biasanya kamu lakukan?


Ini sekedar sharing pengalaman saya aja ya...Saya sering banget ngalamin kulit kering ini. Utamanya sih kalau pas cuaca ganti gini. Bulan-bulan dimana musim kemarau terjadi, anginnya suka bikin kulit kering dan rasanya gak nyaman banget. Wajah terlihat kusam dan kulit kaki tangan rasanya kering banget. Ya ampun padahal cuma di rumah doang gak keluar gak kena debu dan lain sebagainya tapi kulit berasa kering banget (gak kebayang kalo kerja di luar rumah kayak apa keringnya kulit).



Kulit kering biasanya juga terjadi ketika hawa dingin menyergap. Umumnya kalau ke daerah pegunungan yang dinginnya ekstrim jadi kulit langsung berasa kering dan kasar plus kusam.

Untuk mengatasi kulit kering ini biasanya saya pakai cara simple yaitu pakai body lotion yang bisa melembabkan kulit. Ya at least si kulit gak kering-kering amat terasanya. Selain itu ada juga beberapa langkah yang saya ambil ketika menjelang bulan-bulan kulit jadi kering, diantaranya:

#1 Banyakin air putih


Iya, minum air putih yang cuma 8 gelas sehari kadang kurang ini ditambahin lagi. Biar gak males bolak balik ke belakang cuma buat ambil minum, biasanya saya sediain teko di kamar atau di dekat saya beraktifitas biar gak males minum. Banyak minum air putih bisa bikin kulit lebih prima dan lembab serta terjaga dari kekeringan. Asal tahu aja kalau kulit selalu kering dan dibiarkan tanpa dirawat bisa bikin penuaan dini dan keriput hingga gatal-gatal. Euh...gak mau kan kayak gitu? Jadi banyakin air putihnya ya...

#2 Pakai Pelembab
Yups, pakai dah tuh segala jenis pelembab biar kulit tak jadi kering. Kalau saya sih itu tadi pakai body lotion utamanya saat keluar rumah ya. Untuk wajah ya pakai pelembab khusus wajah. Bibir juga kalau terasa kering langsung deh pakai pelembab bibir.


Untuk pelembab saya biasanya pakai yang murah dan terjangkau yakni Viva Skin Food Cream. Ini bisa juga dipakai buat kulit tangan dan kaki. Harganya murah sekitar 6 ampe 7 ribuan. Ini meresap cepat ke kulit jadi gak minyakan banget. Wajah jadi kenyal dan gak kering. Bisa juga dipakai buat tumit kering dan pecah-pecah.


Tapi yang paling sering sih saya pakai Pure Olive Oil dari Wardah. Bikin kulit saya nyaman pake banget. Kulit jadi gak kering dan rasa lembabnya juga gak berlebihan. Udah gitu baunya harum lagi hehehe... Oh ya, pure olive oil wardah bisa juga untuk ngilangin mata panda loh (ayo yang suka begadang buruan beli). Caranya cukup olesin minyak ini sedikit aja di area mata yang menghitam, biarkan 2 jam baru dihapus pakai tisu trus basuh deh pakai air hangat. Kalau rutin pakai bisa bye bye mata panda. Saya biasa pakai wardah ini untuk sebelum tidur. Oles di bagian wajah dan tubuh yang kering dan besoknya pas bangun wajah terasa lembab tanpa minyak.


Untuk lipsnya saya biasa pakai produk wardah lip balm. Ada kandungan vitamin E jadi bikin bibir gak kering. Saya pakai yang strawberry karena suka banget aromanya. Bibir pecah-pecah dijamin lembab deh pakai produk ini. Teksturnya lembut dan gak berminyak.

#3 Jaga Asupan Vitamin

Makanan yang baik sangat dibutuhkan terutama saat cuaca kering berangin gini ya. Sayuran amcam bayam dan tomat atau buah alpukat dan pisang hingga apel baik banget untuk dikonsumsi. Selain bisa melindungi kulit bisa juga buat menangkal radikal bebas loh apalagi buat yang kerjanya di luar rumah ya.


Saya juga biasa konsumsi vitamin E untuk menjaga kulit dari kekeringan. Bisa konsumsi Natur E atau Ever E250 biar kesehatan kulit tetap terjaga.

#4 Pakai Masker

Untuk wajah yang kulitnya mengering saat kemarau banyakin dan telatenin pakai masker ya. Bisa nih bikin masker dari bahan yang mudah yakni pisang. Selain enak dimakan, pisang bisa dijadikan masker juga loh. Kaya akan magnesium yang bisa bikin kulit lebih seat dan cantik. Haluskan pisang lalu campur pakai madu dan susu. Oleskan ke wajah tunggu 15 menit dan bilas deh.

#5 Olahraga dan Istirahat cukup
Selain perawatan, olahraga teratur dan sitirahat juga sangat perlu. Usahakan bangun pagi terus langsung jalan pagi atau lari atau lakukan kegiatan olahraga yang disukai deh. Keluarnya keringat bisa bikin kulit gak terlalu kusam (oh ya tapi sebelum kerja atau aktifitas lain, mandi dulu ya hihihi... kan gak seru kalau habis keringetan olahraga terus kerja). Istirahat yang cukup juga bisa mengembalikan kelembaban alami kulit. Ketidakseimbangan hormon disertai stress berlebihan bisa bikin kulit kering dan kusam. So, pastikan kamu dapat istirahat yang cukup biar kulit tetap terjaga kelembabannya ya.

Itu aja sih tips dari saya untuk mengatasi kulit kering di tengah cuaca kemarau berangin kayak sekarang. Semoga bisa membantu ya...

1 komentar: